Gebyar Ramadhan di Masjid Sunda Kelapa

Rep: Umi Lailatul/ Red: Hafidz Muftisany

 Senin 23 Jul 2012 09:28 WIB

 Pekerja membersihkan lantai sebagai persiapan menjelang bulan suci Ramadhan di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Rabu (18/7). (Aditya Pradana Putra/Republika) Pekerja membersihkan lantai sebagai persiapan menjelang bulan suci Ramadhan di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Rabu (18/7). (Aditya Pradana Putra/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, MENTENG--Setiap datang bulan ramadhan beragam acara telah disiapkan oleh pelbagai masjid termasuk Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat. Masjid yang berlokasi di Jalan Taman Sunda Kelapa ini telah menyiapkan beragam acara untuk menambah kekhusyukan bulan suci ini.

''Sebelum ramadhan, kita telah menyelenggarakan jalan sehat yang diikuti 1500 jamaah. Selain itu, kita juga mengadakan pembagian sembako kepada 3000 mustahik,'' kata Rahmaniah, Public Relation Masjid Agung Sunda Kelapa ketika dihubungi oleh Republika.

Sementara itu, untuk acara saat ramadhan, pihaknya menggelar acara rutin yang biasanya diselenggarakan pada ramadhan tahun sebelumnya. Agenda pertama, tadarus Al-Quran dilaksanakan saat Ramadhan dan dimulai pukul 16.00 WIB.

Acara kedua adalah sholat tarawih berjamaah. Agenda ini diikuti oleh ribuan jamaah. Untuk mengantipasi banyaknya jamaah, pengurus masjid telah menyediakan karpet di sekitar halaman tempat ibadah tersebut.

Agenda selanjutnya, buka puasa bersama gratis kepada masyarakat umum selama ramadhan berlangsung. Masjid Agung Sunda Kelapa menyediakan 1.500 paket nasi box dan takjil untuk buka puasa. Adapun anggarannya sekitar Rp 20 ribu/nasi box.

Rahmaniah mengungkapkan, takjil sendiri disediakan untuk mengantisipasi masyarakat yang tidak mendapatkan nasi. Sementara itu, untuk sahur, pengurus masjid telah menyediakan 1.500 paket nasi box dan takjil.

Dia menambahkan, jumlah paket itu akan ditambah ketika 10 malam ramadhan terakhir. ''Kita menyediakan sekitar 4000 paket saat 10 hari terakhir,'' katanya. Rahma mengungkapkan, dana untuk buka puasa tersebut berasal dari donatur, jamaah dan perusahaan yang menyumbang.

Acara lainnya adalah Al-Quran Emas. Al-Quran Emas ini dimaksudkan sebagai perumpamaan para penghafal Al-Quran sebagai orang yang luar biasa dan dimuliakan di hadapan Allah. ''Mereka dimuliakan seperti emas,'' kata dia.

Agenda yang tidak kalah menariknya adalah Pesantren Kilat (Sanlat). Sanlat ini dibagi menjadi dua yakni sanlat gratis dan sanlat for eksekutif. Sanlat gratis ini dibuka untuk anak-anak, dewasa dan anak asuh masjid.

Sanlat gratis ini akan dibiayai oleh para donatur. ''Ada 250 peserta sanlat dibiayai donatur dan 100 untuk Sanlat for Eksekutif,'' katanya.

Untuk Sanlat For Excecutive diselenggarakan oleh Remaja Masjid Sunda Kelapa (RISKA). Kegiatan ini akan dilaksanakan di Gedung Pusdiklat Perum Bulog M2 no 5, Jakarta Selatan

pada 28-29 Juli 2012.

Acara yang tidak kalah serunya adalah Bazar Food Festival. Bazar ini diselenggarakan di halaman Masjid Sunda Kelapa. Ada 20 bazar makanan dan minuman yang siap memeriahkan suasana ramadhan di Masjid ini. Mereka diantaranya adalah susu bear brand, mie goreng dan lainnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X