Menu Buka Puasa Muslim Georgia, dari Kurma Hingga Kebab

Rep: Agung Sasongko/ Red: Djibril Muhammad

Rabu 18 Jul 2012 17:51 WIB

Kurma, salah satu menu buka puasa Muslim Georgia Kurma, salah satu menu buka puasa Muslim Georgia

REPUBLIKA.CO.ID, Seperti negara berpenduduk Muslim di seluruh dunia, setiap Ramadhan ada satu kuliner wajib yang biasanya disajikan saat berbuka. Pun yang terjadi pada Muslim di Georgia. "Kami terapkan sunnah Rasulullah SAW untuk berbuka dengan kurma," kata Ibrahim Mohammadove, pengusaha lokal, seperti dikutip Onsilam.net, Rabu (18/7).

Namun, tidak setiap Muslim mengkonsumsi Kurma. Sebab, 95 persen kurma berasal dari Arab Saudi, Pakistan, Iran dan Qatar. "Tidak setiap Muslim mengkonsumsi kurma. Tapi kami berusaha untuk mendatangkan lebih banyak kurma dari Arab Saudi," ungkap Haji Tahamais.

Tak hanya kurma, kuliner wajib Muslim Georgia adalah sajian masakan Turki dan Iran. Untuk sajian berbuka ala Turki, Muslim Georgia biasanya mengkonsumsi Tavuk Gogsu, puding khas Turki dan Akanes, manisan Turki. "Sajian ini hanya dinikmati selama Ramdhan saja," ungkap Uktho Miran, Manajer Restoran Turki.

Untuk sajian berbuka ala Iran, Muslim Georgia biasanya mengkonsumsi Chelo Kebab (nasi yang disajikan dengan daging pangang), Koresht (semacam bubur), dan Kaca Puri (roti keju), adalah roti paling populer di kalangan Georgia.