Libur Lebaran, Bali Dipadati Wisatawan

Red: Endah Hapsari

Sabtu 18 Aug 2012 10:42 WIB

Bandara Ngurah Rai Bali Foto: AP/Nyoman Budhiana Bandara Ngurah Rai Bali

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR---Arus kedatangan penumpang mendominasi di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali pada H-1 menjelang Lebaran 2012, dibandingkan arus keberangkatan yang memiliki selisih tipis.

"Kebanyakan orang yang baru tiba itu untuk menghabiskan hari libur Lebaran, jadi seolah-olah posko itu posko liburan bukan posko Lebaran," kata Airport Duty Manager, Nyoman Bawa, di kawasan Tuban, Denpasar, Sabtu.

Data rekapitulasi harian dari Posko Monitoring Angkutan Lebaran menyebutkan, pada H-3 sebanyak 13.036 orang tiba di bandara dengan total jumlah pesawat yang mengangkut sebanyak 99 armada. Jumlah itu belum termasuk penerbangan tambahan sebanyak satu kali penerbangan dengan penumpang 426 orang.

Jumlah penumpang berangkat dan tiba di Pulau Dewata itu menunjukkan bahwa, mayoritas aktivitas di salah satu bandara tersibuk di Indonesia itu didominasi arus kedatangan dari beberapa kota di Tanah Air.

Mereka merupakan wisatawan yang tidak merayakan Idul Fitri berasal dari Jakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, dan kota lainnya yang ingin menghabiskan libur Lebaran di Bali.

Administrator Bandara Ngurah Rai memprediksi kedatangan dan keberangkatan penumpang akan melonjak hingga sepuluh persen pada puncak arus mudik Lebaran pada Sabtu (18/8) atau sehari menjelang Idul Fitri 1433 Hijriah.

Terpopuler