Jelang Lebaran, Lima Maskapai Tambah Jadwal Penerbangan

Red: Djibril Muhammad

Jumat 10 Aug 2012 18:49 WIB

Bandar Udara Ngurah Rai, Bali Bandar Udara Ngurah Rai, Bali

REPUBLIKA.CO.ID, KUTA - Jelang lebaran, peningkatan infrastruktur terus dilakukan. Salah satunya adalah penambahan armada, terutama maskapai penerbangan. Setidaknya lima maskapai menambah jadwal penerbangan dari Bandar Udara Ngurah Rai, Bali, untuk melayani penumpang pada masa Lebaran.

"Lima perusahaan penerbangan yang melakukan penambahan penerbangan itu adalah Garuda Indonesia, Air Asia, Batavia Air, Citilink, dan Merpati Nusantara," kata Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV (PA) Yuli Sudoso, di sela-sela pembukaan posko terpadu angkutan Lebaran di Bandara Ngurah Rai, Jumat (10/8).

Berdasarkan catatannya, seluruh penambahan jadwal penerbangan seluruhnya menjadi 57 dalam kurun waktu 12-27 Agustus 2012. Semuanya dengan tujuan beberapa kota besar di Tanah Air. Ia merinci, jadwal terbanyak diajukan Air Asia dengan 36 penerbangan dari Denpasar tujuan Yogyakarta dan Surabaya. Garuda sebanyak 13 dengan tujuan Jakarta.

Sedangkan Batavia Air dan Citilink memiliki jadwal tambahan yang sama sebanyak tiga penerbangan dengan tujuan berbeda-beda. "Merpati Nusantara menambah dua jadwal penerbangan dengan tujuan Kupang dari Denpasar," ujarnya.

Sudoso mengatakan, dari jadwal penerbangan tambahan sebanyak itu kapasitas kursi penumpangnya adalah untuk 10.952 orang. Sementara itu General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Ngurah Rai Purwanto, mengatakan, jumlah ketersediaan kursi penumpang pada tahun ini sebanyak 10.952 orang meningkat 93 persen dibandingkan tahun lalu.

"Hal itu pula yang membuat kami memperkirakan akan terjadi peningkatan penumpang selama arus mudik Lebaran tahun ini dibandingkan hari biasa sebesar 35 persen, walaupun dengan kondisi bandara dalam perluasan," ucapnya.

Dia mengakui jika kondisi itu membuat sedikit ketidaknyamanan bagi para penumpang, namun hal itu harus dimaklumi oleh semua pihak.

Terpopuler