Inilah Persiapan Ragunan Menyambut Lebaran

Red: Endah Hapsari

Sabtu 18 Aug 2012 13:04 WIB

Beberapa pengunjung melihat koleksi satwa Bekantan di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta. Foto: Republika/Wihdan Hidayat Beberapa pengunjung melihat koleksi satwa Bekantan di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Menyambut libur Hari Raya Idul Fitri, pengelola Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Jakarta Selatan mulai berbenah. Sejumlah persiapan pun dilakukan pengelola mulai dari memasang berbagai rambu, informasi sarana dan prasarana TMR, hingga penyediaan lahan parkir yang lebih memadai.

"Untuk persiapan liburan nanti kita sudah pasang rambu-rambu dan tanda informasi bagi para pengunjung yang ingin menggunakan sarana dan prasarana di sini," kata Wahyudi Bambang, Humas Taman Margasatwa Ragunan.

Wahyudi mengatakan, persiapan ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjung saat liburan nanti. Karena dari pengalaman tahun lalu, liburan Hari Raya Idul Fitri, setiap harinya TMR bisa dikunjungi lebih dari 50 ribu pengunjung per hari. "Meskipun padat, para pengunjung bisa mudah menemukan fasilitas umum seperti masjid ataupun toilet," ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan parkiran untuk kendaraan roda empat di dalam area TMR. Ini dilakukan agar kepadatan di parkiran luar bisa terurai. "Kalau sedang padat sekali, tidak akan tertampung parkiran di luar yang kapasitasnya hanya untuk 3 ribu mobil. Untuk motor kapasitas kita bisa antara 10-15 ribu unit," tambahnya.

Demi menjaga keamanan, TMR telah berkoordinasi dengan pihak TNI dan Polri. Selain itu pos-pos kesehatan juga akan didirikan untuk memberi pertolongan cepat jika ada pengunjung yang sakit. "Pos kesehatan didirikan di tempat yang terlihat, seperi pusat informasi. Nanti juga akan ada petugas yang berkeliling," jelasnya.

Menurut Wahyudi, TMR juga tidak mengadakan acara khusus pada libur lebaran kali ini. Begitu pun semua wahana yang disajikan seperti gajah tunggang, kuda tunggang, delman, dan lainnya merupakan hiburan yang biasa dihadirkan kepada pengunjung di saat hari biasa. 

 

 

Terpopuler