Arus Balik Padati Kawasan Kota Bukit Indah

Rep: c26/ Red: taufik rachman

Sabtu 03 Sep 2011 17:20 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,PURWAKARTA -- Hingga Sabtu sore ini (3/9), arus kendaraan pemudik dari Pantura mengarah ke Jakarta tampak memadati kawasan industri Kota Bukit Indah (KBI).

Karena ramainya kendaraan pemudik, kedua jalur di KBI dibuka. Namun, terjadi penumpukan kendaraan saat tiba di titik putaran balik pertama. Hal itu karena jalur yang digunakan menyempit menjadi satu.

Penumpukan tersebut menyebabkan kendaraan memperlambat lajunya. Laju kendaraan rata-rata 40 kilometer per jam.

Selain karena penyempitan jalur, motor para pemudik yang parkir di sisi jalan juga turut menyumbang pada kepadatan jalan. Pemudik motor melepas lelah di warung-warung minuman dadakan yang ramai di pinggir jalan KBI.

Selepas putaran balik tersebut, arus kendaraan lancar kembali. Kendaraan roda empat pemudik berbaur dengan kendaraan roda dua di jalur ini.

Antrean kendaraan kembali terjadi saat mendekati gerbang tol Kalihurip 2 di Jalan Kota Bukit Indah Boulevard. Gerbang tol tersebut adalah jalur bebas hambatan, selain gerbang tol Cikampek yang mengarah ke Jakarta.

Saat ini gerbang tol Cikampek menuju Jakarta juga telah dibuka. Tiga gerbang sudah difungsikan untuk melayani pemudik yang akan kembali ke ibukota. Kendaraan yang melintas saat ini masih lancar.

Terpopuler