Jalur Pejagan-Kanci Padat Merayap

Rep: c25/ Red: taufik rachman

Sabtu 03 Sep 2011 16:33 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON==Penumpukan volume kendaraan terjadi di ruas jalan menuju pintu tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (3/9). Hal itu menyebabkan kemacetan arus balik pemudik hingga sepuluh kilometer dari arah Bulak Amba menuju palang pintu kereta Pejagan.

Sejumlah kendaraan roda empat pemudik yang hendak memasuki tol Pejagan-Kanci berjalan merayap di lajur sebelah kiri. Namun, karena lonjakan volume kendaraan roda dua dari arah Tegal menyebabkan arus balik menuju jalur Pantai Utara (Pantura) merayap.

Berdasarkan Pantauan Republika, arus balik pemudik menuju Jakarta sudah mulai memadat. Terlihat penumpukan volume kendaraan roda empat bernomor plat B yang hendak memasuki tol Pejagan.

Sementara penumpukan volume kendaraan juga dikisarkan karena palang pintu kereta di Pejagan yang seringkali menahan akses menuju pintu tol. Menurut warga sekitar, palang pintu kereta itu bisa tertutup 5-15 menit saat kereta menuju Jawa Tengah melintas. Kondisi itu yang menyebabkan tersendatnya arus kendaraan di persimpangan Pejagan menuju pintu tol dan jalur Pantura.

Seorang warga itu juga mengatakan, tersendatnya arus lalu lintas di ruas jalan tersebut sering terjadi pada tengah malam. Namun antreannya tak memanjang hingga kondisi saat ini. "Biasanya truk yang sering melewati jalur tol ini pada malam hari," ujarnya.

Adapun penumpukan volume kendaraan di jalur masuk pintu tol pejagan ini sudah terjadi sejak pukul 09.00 pagi tadi.

Terpopuler