Hingga Dini Hari Tadi, Warga Medan Serbu Sepatu Buatan China untuk Lebaran

Red: Didi Purwadi

Rabu 31 Aug 2011 06:10 WIB

Pedagang sepatu (ilustrasi) Foto: www.antarafoto.com Pedagang sepatu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,MEDAN - Warga Medan hingga Rabu (31/8) pukul 00.30 WIB masih terlihat memadati kawasan Jalan Stadiun Teladan/Gedung Arca Medan untuk membeli sepatu buatan China dan Bandung. Sepatu tersebut dijual murah di kawasan itu untuk dipakai di hari lebaran.

"Semakin mendekati pagi makin banyak pembeli datang. Biasanya memang pembeli datang usai ikut atau melihat takbir Idul Fitri," kata pedagang sepatu di kawasan Jalan Stadiun Teladan/Gedung Arca Medan, Anas, Rabu.

Pembeli yang memadati kawasan itu sebagian besar terlihat dari kalangan muda. Karena, sebagian besar barang yang diperjualbelikan pedagang memang sebagian besar "berselera muda".

Pedagang sepatu yang mengaku sudah berjualan hampir tiga tahun di kawasan itu mengakui pembeli menyerbu kawasan tersebut karena harga jual sepatu dan sandalnya murah. Harganya di kisaran Rp 50.000 -Rp 100.000 perpasang.

"Karena murah itulah, makanya setiap hari khususnya di malam lebaran diserbu pembeli," kata Anas.

Harga jual bisa murah, katanya, karena sebagian besar buatan China. Selain itu, harga bisa murah karena dijual di pinggiran jalan sehingga pedagang tidak mengeluarkan biaya besar untuk menyewa kios.

Salah seorang pembeli, Rudi, mengaku sering membeli sepatu atau sandal di kawasan itu dengan alasan murah. ''Meski kualitasnya kurang bagus di mana rata-rata terbuat dari bahan plastik, modelnya tidak ketinggalan. Sepintas dilihat tidak terlihat barang murah,'' katanya.

Terpopuler