Takbir Keliling Diharapkan Selesai Pukul 21.00 WIB

Rep: C10/ Red: taufik rachman

Senin 29 Aug 2011 16:31 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kegiatan takbir keliling warga diharapkan bisa selesai pada pukul 21.00 WIB. Ini dikarenakan petugas Dinas Kebersihan DKI Jakarta akan membersihkan sampah hasil malam takbiran mulai pukul 21.00 WIB.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Eko Bharuna, mengatakan sebanyak 2.700 petugas kebersihan akan disiapkan untuk membersihkan sampah sisa malam takbiran. "Untuk itu kami menghimbau warga agar takbir keliling tak melebihi pukul 21.00 WIB," ujarnya Senin (29/8).

Mulai pukul 21.00 WIB, para penyapu jalan bergerak melaksanakan tugasnya. Saat Lebaran, mereka diberi kesempatan untuk melaksanakan Shalat Ied terlebih dahulu. Setelah shalat, mereka kembali melakukan tugasnya, yakni membersihkan sampah-sampah di ibu kota.

"Petugas kebersihan ini disebar di seluruh wilayah Jakarta," ucap Eko. Terutama di 726 masjid dan lapangan-lapangan yang biasa menyeleenggarakan kegiatan Shalat Ied. Sebanyak 449 titik berada di Jakarta Selatan, 135 titik di Jakarta Barat, 86 titik di Jakarta Timur, 43 titik di Jakarta Pusat dan 13 titik di Jakarta Utara.

Para petugas ini akan dilengkapi dengan sekop, sapu lidi dan kantong plastik sampah agar bisa langsung memindahkan sampah ke truk sampah yang tersedia. Eko meyakinkan, jalan-jalan protokol ibukota bekas malam takbiran akan kembali bersih pagi harinya. Sehingga bisa digunakan untuk melaksanakan Shalat Ied. "Pukul 07.00 WIB sampah-sampah sudah akan dibersihkan," katanya.

Terpopuler