Masjid Istiqlal Gelar I'tikaf Akbar

Rep: Damanhuri Zuhri/ Red: Heri Ruslan

Selasa 14 Aug 2012 13:54 WIB

Seorang perempuan membaca kitab suci Alquran usai melaksanakan ibadah Shalat Dzuhur di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (23/7). (Agung Supriyanto/Republika) Seorang perempuan membaca kitab suci Alquran usai melaksanakan ibadah Shalat Dzuhur di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (23/7). (Agung Supriyanto/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Istiqlal Jakarta akan menyelenggarakan I'tikaf Akbar pada Kamis 27 Ramadhan 1433 H bertepatan dengan 16 Agustus 2012.

''I'tikaf Akbar ini akan dimulai pukul 01.30 hingga 03.30 Wib,'' ujar Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Prof Dr KH Ali Mustafa Yaqub kepada Republika Selasa (14/8).

Menurut Prof Ali Yaqub, sejumlah pejabat mulai Menteri Agama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Wakil Menteri Agama, mantan Menteri Agama hingga sejumlah diplomat negara sahabat akan mengikuti I'tikaf Akbar tersebut.

''Insya Allah akan diikuti Menteri Agama, mantan Menteri Agama, Wakil Menteri Agama, Mendikbud, Dubes Emirat, Dubes dan Atase Agama Malaysia, diplomat Arab Saudi serta 20 ribu umat Muslim. Tausiyah akan disampaikan Imam Besar Masjid Istiqlal,'' ungkap Prof Ali Yaqub yang dikenal sebagai pakar hadis.

Lebih lanjut Prof Ali Yaqub menjelaskan, I'tikaf Akbar yang kali pertama digelar pada Ramadhan 1998 dimaksudkan untuk menjaring Lailatul Qadar. Saat ini di Masjid Istiqlal sudah mentradisi setiap Ramadhan. Setiap kali 10 hari terakhir Ramadhan tiba, Masjid Istiqlal Jakarta menggelar I'tikaf dengan melaksanakan shalat witir sebanyak 11 rakaat.

''Alhamdulillah, di Masjid Istiqlal Jakarta terbiasa dan di masjid di kampung saya juga sudah terbiasa pada 10 malam terakhir Qiyamul Lail shalat witir mulai jam 02.00 malam.  Shalat witir 11 rakaat dan setiap malam satu juz Al Qur'an,'' ungkap Prof Ali Yaqub penuh syukur.

Ia menyebutkan, pelaksanaan I'tikaf Akbar, Kamis (16/8), nanti terasa istimewa karena akan dihadiri sejumlah pejabat dan diplomat negara sahabat. ''Nanti insya Allah akan datang Duta Besar Saudi Arabia, Duta Besar Maroko pada malam 27 Ramadhan di Istiqlal. Menteri Agama dan Wakil Menteri Agama siap datang. Nanti malam 27 Ramadhan undangannya pukul 01.30 Wib diawali dengan membaca Al-Qur'an, sambutan, kemudian pukul 02.00 sampai pulkul 03.30 Wib shalat witir,'' ujarnya menambahkan.

Artis cantik Astri Ivo yang kini banyak menghabiskan waktunya terjun di dunia dakwah mengaku ketika tinggal di kawasan Menteng Jakarta Pusat, selalu mengikuti qiyamullail pada 10 malam terakhir Ramadhan di Masjid istiqlal Jakarta.

''Waktu masih tinggal di Menteng, saya selalu mengusahakan i'tikaf 10 malam terakhir Ramadhan di Masjid Istiqlal. Suasananya sangat nikmat,'' ungkap Astri Ivo.

Astri Ivo pun menjelaskan kenikmatan yang ia rasakan dengan beri'tikaf di Masjid Istiqlal.

Pertama, bacaan surat pada shalatnya cukup panjang. Kedua, jamaah yang hadir cukup banyak.

''Salat yang dimulai pukul 02.00 dini hari itu, setiap malamnya bisa sampai satu juz Al Qur'an. Udah gitu, yang ikut jamaah banyak banget. Persis suasananya kayak di Masjidil Haram,'' papar Astri Ivo penuh syukur.