Waspadai Jalur Solo-Semarang, Masih Banyak Bergelombang

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Senin 13 Aug 2012 12:07 WIB

Pemudik roda dua Foto: Antara Pemudik roda dua

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG—Para pemudik bersepedamotor yang akan melintas jalur utama Semarang- Solo, tepatnya di sepanjang ruas jalan Ungaran- Salatiga- Sruwen harus berhati- hati. Sebab di jalur ini masih banyak jalan yang aspalnya bergelombang dan beberapa ruas d iantaranya tanpa marka.

Salah satu jalur utama mudik Lebaran ini berpotensi membahayakan karena setiap terjadi arus mudik dan arus balik, jalur ini merupakan salah satu yang sangat padat.

Berdasarkan pantauan Republika, sejumlah titik jalan yang aspalnya bergelombang berada di kawasan Pasar Babadan- Tanjakan Lemahabang dan Tanjakan Bulog (Tanjakan Gembol). Sejumlah sepedamotor yang melintas dalam kecepatan tinggi acapkali terlihat oleng.

Umumya pengendara sepedamotor ini berupaya menghindari aspal yang bergelombang. “Akibatnya laju kendaraan roda dua ini terkadang membahayakan,” ungkap Rochadi (34) warga Harjosari, Ahad (12/8).

Ia menyampaikan, beberapa kendaraan roda dua bahkan sempat terjatuh karena pengendaranya kurang sigap menguasai kendaraan yang oleng akibat jalan yang bergelombang ini. Menurut dia sudah banyak beberapa sepedamotor yang terjatuh saat menuruni tanjakan ini akibat tidak siap saat melitas di atas aspal yang bergelombang.

“Beruntung tidak sampai berakibat fatal bagi pengendara yang bersangkutan, kecuali kerusakan sepedamotor dan luka ringan yang dialami akibat terjatuh di atas aspal,” lanjut pedagang rokok eceran ini.

Selain aspal jalan yang bergelombang, di ruas jalan antara Bawen- Salatiga –tepatnya di kawasan Lopait-- juga masih berlangsung pengaspalan ulang jalur utama Semarang- Solo ini. Namun pekerjaan tersebut belum seluruhnya rampung.

Terkait dengan kerawana n di jalur mudik Lebaran ini, Kasatlantas Polres Semarang, AKP Gusman Fitra mengimbau agar para pemudik ekstra hati- hati dan mewaspadai kondisi jalan saat melintas di jalur ini. Terutama jika pengendara yang bersangkutan mulai keletihan.

Untuk memfasilitasi para pemudik bersepedamotor ini, Polres Semarang telah menyediakan tiga titik rest area yang dapat dimanfaatkan untuk beristirahat dan melepas lelah saat berkendara jarak jauh ini. Diantaranya di halaman Benteng Willem II Ungaran dan Tanjakan Lemah Abang.

Terpopuler