PKL Binaan YMB-BRI Sediakan Ta'jil

Rep: Damanhuri Zuhri/ Red: Heri Ruslan

Kamis 09 Aug 2012 04:53 WIB

PKL Binaan YMB-BRI Sediakan Ta'jil Foto: dok ybm-bri PKL Binaan YMB-BRI Sediakan Ta'jil

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak cara membahagiakan orang di bulan suci Ramadhan. Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM-BRI) memboyong pedagang kaki lima yang selama ini menjadi binaannya untuk menyediakan ta'jil  dan buka puasa bagi anak-anak yatim dan pejabat di lingkungan BRI.

Itulah yang terjadi di Perumahan Rawasari Jakarta Timur akhir pekan lalu. Momen Ramadhan 1433 H dijadikan YBM-BRI sebagai lembaga zakat nasional untuk berlomba berebut berkah.

Tak hanya warga Rawasari yang terlibat dalam buka puasa bersama seperti layaknya makan di pasar kuliner karena pedagang binaan YBM-BRI juga memboyong  gerobak ke lokasi buka puasa bersama.  warga dari pelbagai kelurahan juga turut memeriahkan acara buka puasa diantaranya Warga Kelurahan  Kelapa Gading, Paseban, Utan Kayu, Cempaka Putih Timur, Kramat Raya, Haji Ten dan Galur. Adapun pedagang Binaan YBM-BRI yang terlibat yaitu pedagang bakso, nasi uduk, gorengan, mie ayam, ketoperak, siomay, pisang ijo, es teh manis, es buah, nasi goreng.

Suyandi  pedagang  bakso binaan YBM-BRI yang tinggal di Cipinang Pulo, Cipinang Besar, Jatinegara mengungkapkan rasa syukurnya, bisa terlibat dalam kegiatan tersebut. “Sebagai  Usaha Binaan YBM-BRI sangat bersyukur bisa  menyediakan  ta’jil bukan hanya untuk pejabat Bank BRI, tetapi juga untuk anak-anak yatim. Saya berharap tidak hanya satu tempat dalam bulan Ramadhan dan berharap terus dapat bergabung bersama  YBM-BRI,” ungkapnya penuh syukur.

Ini merupakan  tahun ke-11 YBM-BRI menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka penyaluran zakat baik dalam skala nasional atau lokal. ''BRI (Berkah Ramadhan Indonesia) menjadi agenda skala nasional melibatkan 18 kantor wilayah dengan 409 kantor cabang. Untuk skala lokal YBM-BRI menebar berbagai bantuan kepelbagai lokasi, salah satunya adalah buka puasa bersama di Perumahan BRI Rawasari untuk yang ke-10 kalinya dengan melibatkan 10 pedagang Binaan YBM-BRI,'' jelas Akhsan, Wakil Kepala Divisi TSI BRI kepada Republika, Rabu (8/8)

Tak hanya sekedar buka puasa bersama acara yang diawali dengan membaca Al-Qur’an penampilan grup marawis ini juga menyerahkan santunan sebesar  100.000,-(perorang) untuk 385 anak yatim piatu dari 8 kelurahan yang diserahkan oleh Direktur Operasional BRI sekaligus Pembina YBM-BRI, Bapak Sarwono Sudarto. 

Akhsan yang juga merupakan jamaah yang aktif menyemarakan Masjid di Perumahan BRI mengaku sangat bahagia bisa mengadakan acara buka puasa bersama anak-anak yatim piatu. “Acara ini sangat positif, membantu meningkatkan gairah Islami dalam diri anak-anak dan membawa anak-anak dekat dengan masjid. Ini merupakan bukti BRI,  Pejabat BRI, YBM-BRI peduli dengan lingkungan khususnya yatim piatu. Ini merupakan kewajiban untuk membantu masyarakat seluruh Indonesia,” Jelasnya.

Terpopuler