Antisipasi Kemacetan, Polisi Pasang Barier di Pantura

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Dewi Mardiani

Rabu 25 Jul 2012 23:23 WIB

Pekerja sedang menyusun rambu lalu lintas di jalan raya jalur Pantura. Foto: Republika/Tahta Aidilla Pekerja sedang menyusun rambu lalu lintas di jalan raya jalur Pantura.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU – Berbagai persiapan menghadapi arus mudik dan balik Lebaran telah dilakukan jajaran Polres Indramayu. Salah satunya dengan pemasangan barrier di sepanjang jalur utama pantura Indramayu, mulai dari Sewo hingga Cadangpinggan.

Kasat Lantas Polres Indramayu, AKP Irwandi, menjelaskan, pemasangan barrier tersebut dimaksudkan untuk meminimalisasi kecelakaan. Selain itu, kemacetan juga diharapkan dapat berkurang dengan adanya barrier itu.

‘’Dengan adanya barrier, pengguna kendaraan tidak bisa seenaknya putar arah,’’ ujar Irwandi, Rabu (25/7). Dia menjelaskan, barier tersebut dipasang dengan jarak antara putar arah sekitar dua sampai empat kilometer.

Irwandi menambahkan, jalan yang bisa dimungkinkan untuk melakukan putar arah akan diutamakan di lokasi SPBU dan rest area besar. Dengan demikian, tidak menghalangi pengguna kendaraan yang akan mengisi bahan bakar ataupun beristirahat.

Irwandi berharap, barrier tersebut tidak dibuka atau diangkat secara paksa oleh pengguna kendaraan. Namun untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya melakukan pemasangan barrier yang terbuat dari beton.

Tak hanya memasang barrier, lanjut Irwandi, petugas juga akan membantu warga yang menyeberang jalan selama arus mudik dan balik berlangsung. Caranya, masyarakat yang akan menyeberang dikumpulkan dulu di satu titik sehingga tidak menyeberang sembarangan.

Terpopuler