Jelang Lebaran, Batik Membidik Pasar Busana Muslimah

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Rabu 17 Aug 2011 23:49 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Tren batik dikalangan masyarakat Indonesia memiliki imbas positif. Selain menaikkan pamor baju tradisional khas Indonesia, dengan memanfaatkan momentum Ramadhan, tren batik tengah bersiap menuju pasar Muslimah .

Zahratul  Wardiyati, pemilik bisnis batik online sekaligus anggota komunitas tangandiatas.com mengatakan semenjak sebulan terakhir, pihaknya tengah mengembangkan bisnis batik Muslimah. Pengembangan itu tidak terlepas dari permintaan para Muslimah yang tak mau ketinggalan mengenakan batik.

Mbak Waru, demikian sapaan akrabnya mengatakan,  setiap muslimah menghendaki batik dengan model sederhana, tidak tebal dan tidak membutuhkan dalaman panjang ketika dikenakan. Selain itu, mereka juga menghendaki kesan modis dari batik yang dikenakan.

Dikatakan Mbak Waru, posisi batik Muslimah serupa dengan jilbab.Artinya, meski patuh pada pakem, setiap Muslimah tentu mengharapkan eksplorasi batik dengan gaya dan tampilan yang disesuaikan dengan karakter personal.

Mbak Waru memprediksi pasar batik Muslimah akan menyamai jilbab. Apalagi tren batik daerah dengan motif beragam menambah manis penyajian batik dalam gaya Muslimah berbusana.

 

Courtesy of Youtube

Photo by Google