Senangnya Buka Puasa Bersama Wakil Dubes Amerika Untuk Indonesia

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Sabtu 13 Aug 2011 11:20 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta - Suasana rumah dinas, Wakil Duta Besar AS untuk Indonesia, Ted Osius sedikit berbeda Sore itu. Sebab, ratusan anak dari perkampungan nelayan Cilincing, Jakarta Utara datang guna menghadiri acara buka puasa bersama.

Dalam sambutannya, Ted Olisius mengatakan pihaknya ingin merayakan bulan suci Ramadhan dengan mengundang anak-anak untuk berbuka bersama. Menurut Ted, pihaknya ingin merasakan apa yang sempat dinikmati presiden AS Barrack Obama saat merasakan atmosfir bulan puasa di Indonesia.

Suasana berbuka, kian hangat saat grup rap Muslim dari New York, AS, Nativee Deen hadir menghibur anak-anak. Dengan permainan sampler, perkusi dan bunyi-bunyian artificial, plus lirik sederhana beraroma dakwah, Nativee Deen sejenak mengalihkan konsentrasi anak-anak yang tengah melahap sajian berbuka.

Dua personel Nativee Deen,  Joshua Salaam dan Abdul Malik segera menyambut anak-anak dengan ucapan ‘’Assamualaikum’’. Sebelum membawakan lagu pembuka,   Abdul Malik mengatakan ada semacam atmosfir yang berbeda ketika berada di Indonesia dibandingkan negara muslim lainnya.

Di Indonesia, menurut Abdul, Islam seakan-akan menjad bagian dalam hidup tiap orang. Seperti halnya di mall, bahkan di pom bensin ada musholla atau minimal tempat kecil untuk beribadah.

Bagian dari hidup inilah yang coba dibagi-bagi Native Deen kepada kaum Muslim seantero Amerika Serikat.

Selepas lagu terakhir Nativee Deen berjudul M-U-S-L-I-M, acara berbukan pun selesai. Jelas terpancar dari wajah anak-anak, bahwa mereka begitu senang dan bahagia dengan sambutan hangat Kedutaan Besar AS.