Hari Pertama Ramadhan, Mayoritas Anggota DPRD Bolos

Red: cr01

Selasa 02 Aug 2011 09:34 WIB

Gedung DPRD Kota Bekasi. Foto: pantaupost.wordpress.com Gedung DPRD Kota Bekasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI – Hari pertama kerja di bulan Ramadhan, Senin (1/8), suasana di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terlihat lengang. Hanya dua dari 50 anggota dewan yang hadir.

Dari absensi anggota DPRD, sampai pukul 13.00 WIB, dari 50 orang anggota dewan, hanya dua orang yang hadir. Anggota Fraksi Bintang Nurani Perjuangan DPRD Kabupaten Bekasi, Marjaya Ibrahim, mengatakan ketidakhadiran rekan-rekannya bisa jadi disebabkan karena ada tugas di luar kantor. "Biasanya ada tugas di luar, sehingga tidak mampir ke kantor," ujarnya.

Menurut Marjaya, ketidakhadiran anggota dewan memang sudah menjadi sorotan masyarakat. Dia menyayangkan rekan-rekannya yang sering bolos, karena hal tersebut berdampak buruk pada citra DPRD.

"Kalau anggota DPRD jam kerjanya disuruh seperti orang kantoran tidak bisa juga. Tapi jika keseringan urusan di luar juga tidak bagus. Saya akan bawa masalah ini ke Badan Kehormatan," kata Marjaya.

Sementara itu, di Gedung DPRD Kota Bekasi, dari 49 anggota dewan, hanya 27 yang hadir di hari pertama Ramadhan. Dari daftar absen yang ada di lobi gedung DPRD, sampai pukul 12.00 WIB, baru 22 orang anggota dewan tidak hadir tanpa keterangan.

Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Bekasi, Bali Pranowo, mengatakan pihaknya sangat menyayangkan ketidakhadiran 22 orang rekannya. "Seharusnya puasa tidak mengurangi kualitas kerja," kata Bali.

Padahal, kata dia, sesuai dengan tata tertib jam kerja anggota dewan adalah dari pukul 09.00-15.00 WIB, kecuali jika ada agenda di luar kantor dan itu pun harus dengan surat keterangan. "Badan Kehormatan akan memberikan teguran kepada para anggota dewan yang tidak masuk hari ini," demikian Bali.