Secara Hisab, Besok Sudah Masuk Hari Pertama Puasa

Rep: Ditto Pappilanda/ Red: cr01

Ahad 31 Jul 2011 19:25 WIB

Rukyat (ilustrasi) Foto: mutiary.wordpress.com Rukyat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Secara hisab, Badan Hisab dan Rukyat, Planetarium-Jakarta memastikan awal bulan puasa atau 1 Ramadan 1432 H jatuh pada 1 Agutus besok. Kepastian ini tinggal menunggu pantauan rukyat yang dilakukan seluruh badan hisab dan rukyat provinsi di Indonesia sebelum pengumuman resmi oleh Menteri Agama.

Kepastian hisab ini disampaikan oleh anggota Badan Hisab dan Rukyat Kemenag, Cecep Nurwendaya saat melakukan presentasi posisi hilal yang akan menentukan nasuknya awal Ramadan di depan Menteri Agama Suryadarma Ali dan perwakilan ormas Islam di Kantor Kemenag, Jakarta, Ahad (31/7) petang ini.

"Secara hisab, besok sudah masuk 1 Ramadan, tapi secara rukyat harus kita tunggu laporan dari seluruh wilayah di tanah air," ujar Cecep.

Laporan dari seluruh wilayah akan diterima dan didiskusikan setelah matahari tenggelam petang ini. Berdasarkan pos observasi bulan di Pelabuhan Ratu, Banten, posisi hilal berdasarkan ijtima' pukul 01.40 WIB dini hari tadi, telah berada ketinggian yang signifikan, lebih dari enam derajat dengan usia 15 jam 11 menit 16 detik.

Tingkat fraksi iluminasi hilal pun mencapai ketebalan 0,75 persen. "Insya Allah, hilal seperti ini bukan hilal yang sulit diamati di Indonesia," tambah Cecep.

Sementara itu, proses penentuan hilal secara rukyat di setiap pos observasi di masing-masing wilayah akan dipengaruhi oleh keberadaan awan mendung.

Terpopuler