Pelabuhan Bakauheni Catat Puncak Arus Balik

Rep: Sefti Oktarianisa/ Red: Heri Ruslan

Ahad 26 Aug 2012 21:14 WIB

Ribuan pemudik bermotor antre masuk ke dalam kapal di pelabuhan Bakauheni, Lampung, Ahad (4/9). Puncak arus balik Lebaran dari Bakauheni menuju pelabuhan Merak, Banten, terjadi Ahad. Foto: Republika/Agung Supriyanto Ribuan pemudik bermotor antre masuk ke dalam kapal di pelabuhan Bakauheni, Lampung, Ahad (4/9). Puncak arus balik Lebaran dari Bakauheni menuju pelabuhan Merak, Banten, terjadi Ahad.

REPUBLIKA.CO.ID,  BAKAUHENI  - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat puncak arus balik di  Pelabuhan Bakauheni. Dari data per 24 jam hingga Ahad (26/8) pukul 08.00 WIB,  telah terjadi kenaikan signifikan pada penumpang kapal yang berlayar dari pelabuhan itu ke Merak, Banten.

Penumpang yang menggunakan kapal untuk menyeberang sebanyak tercatat sebanyak 103.854 orang. Sementara jumlah kendaraan sepeda motor yang disebrangkan mencapai  12.435 unit dan roda empat campuran sebanyak 22.307 unit.

“Ada peningkatan jumlah penyeberang sebesar kurang lebih 20 persen dari hari sebelumnya, “ jelas Corporate Secretary ASDP Christine Hutabarat. Ia menuturkan H+5 sementara ini merupakan puncak arus balik setelah lebaran.

Meski demikian, ia mengaku aktivitas penyebrangan tetap berjalan lancar. Pengaturan pola trip sebanyak 106 trip dari 30 kapal operasi menjadi pendukung kelancaran arus penyeberangan.

Ia menuturkan pihaknya berkoordinasi dengan Kementrian Perhubungan guna menjaga kelancaran trip melalui kesiapan armada angkutan penyeberangan yang ada. "OPP berkoordinasi dengan STC dalam memantau kapal," ujarnya lagi.

Sementara itu, total pemudik arus balik lebaran dari Sumatera yang sudah kembali ke Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni memasuki H+6 tercatat sebanyak 472.458  orang. Motor tercatat  46.925 unit sedangkan kendaraan roda empat campuran sebanyak 49.164 unit.

Terpopuler