Hingga Senin, Penerbangan Denpasar-Jakarta Full Book

Red: Taufik Rachman

Sabtu 25 Aug 2012 16:44 WIB

Bandara Ngurah Rai Bandara Ngurah Rai

REPUBLIKA.CO.ID,DENPASAR--Arus balik Lebaran di Bandara Internasional Ngurah Rai, masih cukup padat sehingga untuk mendapatkan tiket pesawat dari Denpasar- Jakarta hingga Senin (27/8) sudah terjual habis.

"Kami sekeluarga mau berangkat ke Jakarta Senin (27/8) tidak bisa akibat semua tiket pesawat terbang terjual habis," kata Desy Susanto saat dijumpai di sebuah Biro Perjalanan di kawasan Denpasar Sabtu.

Keluhan serupa juga dilontarkan Ketut Surya yang ingin berangkat ke Jakarta Senin untuk menghadiri sebuah rapat mendadak di suatu instansi pemerintah, namun hingga Sabtu sore belum mendapatkan tiket pesawat.

Sementara Bali pada musim liburan nasional, merupakan tempat peristirahatan wisatawan dalam dan luar negeri, apalagi sekarang baru habis Lebaran sehingga banyak wisatawan dalam negeri kembali setelah liburan di sini.

Maka tidak mengherankan kalau tiket pesawat dari semua penerbangan dikatakan terjual habis, karena sedang memuncaknya arus balik alias penumpang keluar dari Bali menuju kota-kota besar di nusantara.

Sesuai pemantauan, suasana keberangkatan lebih banyak dibandingkan arus balik atau kedatangan karena sebagian besar penumpang yang berangkat merupakan wisatawan domestik yang menghabiskan libur Lebaran di Bali.

Data dari Posko Monitoring Angkutan Udara Lebaran 2012 menyebutkan, arus keberangkatan mendominasi sejak H+2 atau pada Rabu (22/8) dan Kamis (23/8) dengan total penumpang yang berangkat sebanyak 27.070 orang.

Jumlah penumpang itu dilayani 204 armada pesawat termasuk penerbangan tambahan berjumlah enam armada. Berapa pun ada kursi penerbangan saat ini tampaknya terjual habis, komentar Ketut Surya bernada pasrah.

Terpopuler