Puncak Arus Balik di Kampung Rambutan Diprediksi H+6

Red: Hazliansyah

Sabtu 25 Aug 2012 23:30 WIB

 Para pemudik yang kembali dari kampung halaman mereka mulai terlihat di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Rabu (22/8). (Agung Supriyanto/Republika) Para pemudik yang kembali dari kampung halaman mereka mulai terlihat di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Rabu (22/8). (Agung Supriyanto/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puncak arus balik pemudik yang tiba di Terminal Bus Kampung Rambutan diprediksi terjadi pada hari Sabtu atau H+6.

"Diprediksi puncak arus mudik terjadi pada hari ini (sabtu-red)," Kata Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan Dwi Basuki di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan kenaikan pemudik pada tahun lebih tinggi daripada tahun lalu karena faktor pembatasan tiket sesuai dengan tempat duduk oleh PT KAI. Dengan pembatasan tiket tersebut menyebabkan pemudik beralih menggunakan jasa transportasi bus, kata dia.

Pembatasan tiket oleh PT KAI juga memberi keuntungan kepada PO Bus yang beroperasi, kata dia. Dia mengatakan terdapat 47 rute bus dari Terminal Kampung Rambutan dengan tujuan sebagian besar ke Jawa Barat.

Dia memprediksi jumlah pemudik secara kumulatif saat arus mudik dan arus balik di Terminal Bus Kampung Rambutan tahun ini akan naik signifikan dari pada tahun lalu.

Pada tahun lalu jumlah pemudik saat arus balik hingga H+7 di Terminal Kampung Rambutan mencapai 204.764 pemudik.

Berdasarkan data lebaran Terminal Bus Kampung Rambutan pada H+4 hingga sabtu pukul 08.00 WIB tercatat kedatangan 36.218 pemudik dengan jumlah bus 671 kendaraan. Angka tersebut meningkat dibanding H+3 yang mencapai 31.528 pemudik dan 671 bus.

Jumlah kedatangan pemudik pada shift I H+4 berjumlah 11.758 orang, shift II tercatat 11.847 dan shift III yang dihitung hingga H+6 pukul 08.00 WIB berjumlah 12.793 pemudik.

Terpopuler