Tiket KA Malang-Jakarta Ludes Hingga 10 September

Red: Hazliansyah

Sabtu 25 Aug 2012 22:10 WIB

Pemeriksaan tiket penumpang kereta api Foto: Antara Pemeriksaan tiket penumpang kereta api

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Tiket kereta api jurusan Malang-Jakarta dan Malang-Bandung untuk keberangkatan Jumat (24/8) hingga 10 September mendatang sudah ludes terjual.

Kepala Stasiun Kotabaru Malang Lutfi Wijaya di Malang, Sabtu, mengatakan, seluruh tiket KA untuk keberangkatan dari Stasiun Kotabaru sudah habis, baik untuk jarak jauh maupun jarak dekat, seperti Malang Surabaya dan Malang Blitar.

"Kalau pada beberapa hari lalu (hari H hingga 'H+2' Lebaran) arus balik dengan tujuan Jakarta dan bandung masih sepi, mulai kemarin (Jumat, 24/8) sudah mulai padat, bahkan meningkat tajam," ujarnya.

Jika beberapa hari setelah Lebaran, jumlah penumpang KA dengan tujuan Malang-Jakarta maupun Malang-Bandung masih lengang, katanya, sejak Jumat (24/8) mengalami kenaikan cukup signifikan, bahkan sampai menembus angka sekitar 30 ribu penumpang.

Untuk mengangkut penumpang arus balik tersebut, lanjut Lutfi, PT KAI telah mengoperasikan sejumlah kereta cadangan, termasuk KA Matarmaja AC dengan tujuan Jakarta.

Sementara di sejumlah terminal yang ada di wilayah Kota Malang, seperti Terminal Arjosari, Hamid Rusdi dan Landungsari juga mulai dipadati penumpang arus balik dengan tujuan berbagai kota tujuan, bahkan bus jurusan Jakarta dan Bandung sudah penuh hingga akhir Agustus mendatang.

Koordinator Posko Angkutan lebaran Terminal Arjosari Agoes Moelyadi memperkirakan jika puncak arus balik dari wilayah Malang Raya pada Sabtu hari ini (25/8).

"Arus penumpang mulai kemarin (Jumat, 24/8) terus meningkat. Data penumpang yang berangkat dari Terminal Arjosari yang kami catat kemarin mencapai 19 ribu lebih, sehingga hari ini diperkirakan bisa mencapai 21-22 ribu orang," tegasnya.

Terpopuler