H+4, Pelabuhan Merak Lancar Minus Antrean Kendaraan

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Jumat 24 Aug 2012 22:39 WIB

 Kapal roro yang mengangkut para pemudik tiba di dermaga pelabuhan Merak Banten, usai pulang dari kampung halaman, Kamis (23/8). (Agung Supriyanto/Republika) Kapal roro yang mengangkut para pemudik tiba di dermaga pelabuhan Merak Banten, usai pulang dari kampung halaman, Kamis (23/8). (Agung Supriyanto/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK--Pelabuhan Merak, Banten, pada arus balik pemudik Lebaran H+4, Jumat terpantau tanpa antrean kendaraan bermotor. Arus lalu lintas di dermaga pelabuhan berjalan lancar.

Berdasar pantauan, ratusan kendaraan bermotor jenis mobil, bus, truk dan sepeda motor tampak lancar naik ke atas kapal untuk diseberangkan ke Bakauheni, Lampung. Keberangkatan kapal bersandar di pelabuhan hanya 30 menit, sehingga arus lalu lintas di dermaga maupun tempat parkir tidak terjadi antrean.

Kendaraan yang hendak menuju Pulau Sumatera setelah masuk ke dermaga langsung diseberangkan ke Bakauheni. "Saat ini penumpang pejalan kaki dan kendaraan pada H+4 menurun dibanding H+3," kata Petugas Bagian Humas PT ASDP Indonesia Ferry Merak Mario S Oetomo di Merak, Jumat.

Ia mengatakan pemudik arus balik di Pelabuhan Merak sejak pagi hingga malam tampak sepi dan tak terlihat antrean kendaraan maupun kepadatan penumpang pejalan kaki. Kemungkinan puncak arus balik yang menuju Pulau Sumatera diperkirakan H+5.

Saat ini, kendaraan menuju dermaga pelabuhan berjalan lancar naik ke atas kapal. Begitu pula sejumlah lokasi penjualan tiket penyeberangan Merak-Bakauheni tidak terjadi penumpukan.

"Saya kira arus lalu lintas di dermaga Pelabuhan Merak tidak terlihat antrean kendaraan," ujarnya. Berdasarkan jumlah data di posko Pelabuhan Merak pada H+4 tercatat 48.303 penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan dengan total kendaraan 11.103 unit.

Dari 11.103 kendaraan itu terdiri dari roda dua sebanyak 7.302 unit, roda empat 3.498 unit, bus 94 unit, truk 209 unit. "Saat ini jumlah penumpang dan kendaraan menurun dibanding H+3," kata Ketua Posko Data Heru Purwanto.