Terminal Bus Merak Dipadati Pemudik

Red: Djibril Muhammad

Jumat 24 Aug 2012 11:39 WIB

Terminal Bus Merak Terminal Bus Merak

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK - Pemudik arus balik pada H+5 atau Jumat di terminal bus Merak, Banten, dipadati pengunjung yang turun dari kapal untuk menuju berbagai daerah di Pulau Jawa. Berdasarkan pantauan, Jumat, ribuan pemudik arus balik yang merayakan Lebaran di Pulau Sumatera sejak pagi memadati terminal terpadu Merak (TTM).

Mereka penumpang pejalan kaki yang turun dari Pelabuhan Merak yang hendak kembali menuju daerah asalnya. Sebagian besar pemudik arus balik terminal bus Merak menuju jurusan Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bogor dan Bandung.

"Saya prediksikan puncak arus balik yang menggunakan angkutan umum dipastikan hari Jumat dan Sabtu lusa," kata Ajis, seorang petugas terminal bus Merak.

Ia mengatakan saat ini diperkirakan penumpang pemudik pada H+5 mencapai 25 ribu dan terjadi kenaikan sekitar 10 persen pada hari yang sama sebelumnya. Kepadatan penumpang sejak pagi membanjiri terminal Merak, namun berjalan tertib dan lancar.

Selama ini, kata dia, ribuan penumpang arus balik tidak terjadi saling berdesak-desakan karena disampaikan imbauan-imbauan kepada pemudik agar tertib. Selain itu juga penumpang selalu diimbau agar hati-hati selama pejalanan dan tidak menerima makanan dari orang yang tak dikenal.

"Selama ini kami belum menerima laporan korban pembiusan maupun pencopetan di terminal Merak karena banyak aparat kepolisian," katanya.

Sementara itu, Nurhadi, salah seorang penumpang bersama anggota keluarga mengatakan ia dan anak-anak serta istrinya kembali ke Jakarta setelah Lebaran di kampung halaman di Lampung. Ia sudah biasa kembali ke Jakarta pada H+5 karena bisa istirahat dua hari di rumah sebelum pekan depan bekerja. "Kami hari Senin (27/8) harus segera masuk kerja lagi setelah cuti Lebaran," katanya.

Terpopuler