Arus Balik Nunukan-Tarakan Mulai Ramai

Red: Chairul Akhmad

Rabu 22 Aug 2012 14:09 WIB

Pelabuhan Tunon Taka Nunukan, Kalimantan Timur. Foto: flickr.com Pelabuhan Tunon Taka Nunukan, Kalimantan Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, NUNUKAN – Arus balik penumpang dari Kabupaten Nunukan menuju Kota Tarakan, Kalimantan Timur atau sebaliknya mulai ramai.

Petugas Penjagaan dan Keselamatan Administrasi Pelabuhan (Adpel) Kabupaten Nunukan, Muhammad Tang, mengatakan suasana arus balik dari Nunukan ke Tarakan ataupun sebaliknya setelah Idul fitri 1433 Hijriah mulai berlangsung sejak Senin (20/8).

Setiap hari, kata dia, sekitar dua sampai empat speed boat yang datang ataupun berangkat di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan. "Sudah tiga hari terjadi arus balik dari dan ke Tarakan di sini," ujar Muhammad, Rabu (22/08).

Ia menambahkan, setiap hari penumpang yang berangkat atau tiba dari Tarakan diperkirakan berjumlah ratusan orang.

Seorang penumpang yang baru tiba dari Tarakan dengan menggunakan speed boat Sadewa, Tina Sukawati, mengaku sengaja lebih awal balik ke Nunukan untuk bersilaturrahim dengan teman-teman kerjanya.

Penumpang yang mengaku sebagai tenaga honorer di Pemkab Nunukan ini mengatakan sebenarnya waktu cuti lebaran berakhir Jumat (24/8). "Masih ada satu hari lagi masa cuti lebaran, tapi saya sengaja datang lebih awal supaya ada kesempatan bersilaturrahim dengan teman-teman kantor," ungkapnya.

Pantauan di PelabuhanTunon Taka Nunukan, arus balik menuju Tarakan berlangsung sejak pukul 08.00 WITA dengan menggunakan speed boat DC 10 dan Tri putri. Dengan jumlah penumpang yang berangkat diperkirakan mencapai ratusan orang. Sedangkan speed boat Sadewa yang tiba dari Tarakan sekitar pukul 10.00 WITA memuat sekitar 60 orang penumpang.