Besok Puncak Arus Balik di Bandara Soekarno-Hatta

Red: Yudha Manggala P Putra

Rabu 22 Aug 2012 12:15 WIB

Mudik dengan pesawat di Bandara Soekarno Hatta Foto: Wihdan Hidayat/Republika Mudik dengan pesawat di Bandara Soekarno Hatta

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG - Puncak arus balik mudik Lebaran di Bandara Soekarno - Hatta, Tangerang, Banten, diperkirakan akan terjadi mulai Kamis (23/8) atau H+3.

"Untuk puncak arus balik, diperkirakan akan terjadi mulai besok (Kamis) hingga Sabtu," kata Senior Airport Service Manager Angkasa Pura II, Danny Indra Irawan ditemui di Posko Utama Bandara Soekarno Hatta, Rabu (22/8).

Ia menjelaskan, terjadinya perkiraan puncak arus balik pada esok hari karena sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) mulai beraktivitas kembali di hari Kamis (23/8). Sedangkan di hari berikutnya, akan di dominasi oleh warga pekerja swasta dan pelajar yang akan mulai kembali beraktivitas pada hari Senin (27/8).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Angkasa Pura II sudah menempatkan petugas di terminal kedatangan agar tidak terjadi penumpukan penumpang. Sebab, selain warga atau penumpang yang tiba dari luar daerah, kepadatan pun akan ditambah dengan para penjemput.

Oleh karena itu, pihaknya menghimbau kepada seluruh penjemput untuk datang tepat waktu guna menghindari terjadi penumpukan di pintu kedatangan.

"Kami harap, bila ingin menjumput untuk tidak terlalu lama menunggu tetapi datang tepat waktu. Agar tidak ada penumpukan," katanya.

Antisipasi lainnya adalah mengurai kemacetan di sekitar Bandara Soekarno - Hatta, terutama kendaraan roda empat. Petugas nantinya akan mengarahkan para penjemput untuk memarkir kendaraannya di lokasi yang sudah di sediakan.

"Biasanya, warga dengan sembarang memarkirkan kendaraannya. Jadi, nanti petugas dibantu kepolisian akan mengaturnya," katanya.

Sementara itu, hingga pukul 10.30 WIB, jumlah penumpang domestik yang melakukan keberangkatan sebanyak 51.780 orang dan penerbangan Internasional yakni 17.924 orang. Sedangkan untuk kedatangan penumpang domestik yang terdata yakni sebanyak 38.618 orang dan 1.352 orang untuk kedatangan penerbangan Internasional.