Inilah 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Arus Balik

Red: Heri Ruslan

Rabu 22 Aug 2012 09:00 WIB

Sepeda motor dominasi arus balik Foto: ant Sepeda motor dominasi arus balik

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Setelah berlebaran di kampung halaman, jutaan orang akan kembali ke berbagai kota besar di tanah air. Ada lima hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan arus balik.

Pertama, tentu cukup lelah sudah menjalani arus mudik dan langsung berlebaran di kampung halaman. Ingat bahwa situasi arus balik juga mungkin akan hampir sama beratnya dengan arus mudik, karena itu persiapkan diri dengan baik. Istirahat dan tidur yang cukup diperlukan sebelum mengemudi. Bagi para penumpang juga perlu badan cukup segar untuk menempuh perjalananan berjam-jam.

Kedua,  Kembali siapkan juga makanan dan minuman untuk selama di perjalanan. Kalau toh akan membeli di jalan, maka perhatikan kebersihan penjualnya. Ingatlah bahwa diare dan sakit perut merupakan salah satu keluhan dari para pemudik tahun 2012 beberapa hari yang lalu.

Ketiga, karena ISPA merupakan salah satu penyakit utama pada arus mudik tahun ini, maka kalau ada kerumunan banyak orang (di pelabuhan atau stasiun misalnya) maka kalau sedang batuk / pilek maka tutuplah mulut ketika batuk (dengan saputangan, atau lengan baju dll), juga sedapat mungkin jangan tertular dari mereka yang sedang batuk pilek.

Keempat, waktu akan berangkat arus mudik maka kendaraan biasanya sudah dicek, baik di bengkel ataupun di cek sendiri. Karena arus balik juga sama jauhnya maka sebelum berangkat arus balik maka cek lah kelaikan kendaraan Anda, agar aman di jalan. Ingat, kecelakaan lalu lintas dapat terjadi karena 4 hal :

1. Pengemudi : lelah, ngantuk, tidak mematuhi rambu

2. Kendaraan : kondisi tidak baik

3. Situasi jalan

4. Keadaan cuaca

Kelima, pola makan selama berlebaran di kampung halaman bisa jadi tidak terlalu baik, bisa terlalu banyak lemak, atau terlalu banyak makan dll. Sekembalinya ke rumah -sambil langsung bekerja- maka diingatkan 3 pesan :

1. Pola makan seyogyanya kembali diatur agar sehat dan seimbang

2. Lakukan olah raga secara teratur

3. Bila perlu lakukan cek kesehatan / laboratorium, untuk melihat kemungkinan dampak kelelahan mudik & balik serta pola makan beberapa hari ini yang tidak terkontrol baik.

Sumber:  Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL)

Kementerian Kesehatan RI