Lonjakan Penumpang Terminal Rawamangun Capai 35 Persen

Rep: Asep Wijaya/ Red: Dewi Mardiani

Jumat 17 Aug 2012 16:57 WIB

Terminal Bus Rawamangun, Jakarta. Foto: blogspot.com Terminal Bus Rawamangun, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumlah pemudik yang hendak menuju kampung halamannya di Terminal Bus Rawamangun terus mengalami lonjakan setiap harinya. Persentase peningkatan jumlah penumpang di terminal yang melayani perjalanan lintas Sumatra dan Jawa itu mencapai 35 persen.

Kepala Terminal Bus Rawamangun, Didi Sadiry, mengungkapkan, peningkatan jumlah penumpang mulai terasa pada H-7 lebaran. Saat itu, tutur dia, pemudik yang menggunakan jasa bus di terminal yang berlokasi di Jakarta Timur itu berjumlah 3.504 orang dengan 116 unit bus yang tersedia.

"Angka tersebut sempat menurun pada H-6 dengan jumlah penumpang sebanyak 3.377 orang dan 113 unit bus," sebut Didi, Jumat (17/8).

Namun, ungkap Didi, tren peningkatan jumlah penumpang kembali terlihat pada H-5. Saat itu, tutur dia, jumlah bus yang diberangkatkan mencapai 118 unit dengan 3.591 penumpang.

Peningkatan signifikan, ucap Didi, terjadi pada H-4 Lebaran. Didi menjelaskan, pada momen liburan sekolah dan kantor tersebut jumlah pemudik yang berangkat dari Terminal Rawamangun mencapai 4.401 orang dengan 138 bus yang diberangkatkan. "Di titik ini prosentase peningkatan capai 35 persen," papar Didi.

Terpopuler