Antrean Kendaraan Terjadi di Tegalgubug Cirebon

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Chairul Akhmad

Selasa 14 Aug 2012 18:50 WIB

 Sejumlah warung musiman yang menjual makanan dan minuman mulai menjamur di sepanjang jalur mudik Pantura di Tegalgubug, Cirebon. Foto: Antara/Puspa Perwitasari Sejumlah warung musiman yang menjual makanan dan minuman mulai menjamur di sepanjang jalur mudik Pantura di Tegalgubug, Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Memasuki H-5 Lebaran, volume kendaraan pemudik yang melintasi jalur pantura Cirebon, semakin menunjukkan peningkatan, Selasa (14/8).

Antrean kendaraan pun sempat terjadi di depan pasar sandang Tegalgubug, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon.

Antrean kendaraan itu terjadi pada pagi hari akibat adanya aktivitas pasar yang memasuki ‘hari pasaran’ setiap Selasa. Panjangnya antrean kendaraan sepanjang kurang lebih satu kilometer.

Namun, polisi yang bertugas berusaha mengatur lalu lintas sehingga tidak terjadi kemacetan Ratusan anggota Polres Cirebon itu sudah diterjunkan ke lokasi dan membentuk pagar betis sejak pukul 02.00 WIB. Mereka mengawasi para pedagang supaya tidak berjualan melebihi bahu jalan.

Selain itu, mereka juga mengatur lalu lalang becak dan membantu para penyeberang jalan. “Kami siagakan anggota untuk mencegah terjadinya kemacetan lalu lintas,” ujar  Kapolres Cirebon, AKBP Hero Henrianto Bachtiar.

Hero mengungkapkan, setiap memasuki hari pasaran pada Selasa dan Sabtu, kawasan pasar sandang Tegal Gubug memang sering mengalami kemacetan. Pada saat musim arus mudik, kondisi itu akan menjadi titik rawan kemacetan.

Namun, kata Hero, dengan keberadaan anggota polisi di depan pasar tumpah, maka kemacetan total bisa dihindari. Dengan demikian, aktivitas pasar tidak sampai menimbulkan gangguan yang berarti bagi pemudik.

Terpopuler