PT KAI Sediakan Kereta Tambahan

Rep: Alicia Saqina/ Red: Hazliansyah

Senin 13 Aug 2012 16:45 WIB

Sejumlah calon pemudik antre untuk medapatkan tiket kereta api mudik Lebaran kelas ekonomi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (2/7). PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka loket pembelian tiket 24 jam di empat stasiun, yaitu Stasiun Pasar Senen, Stasiun Foto: antara Sejumlah calon pemudik antre untuk medapatkan tiket kereta api mudik Lebaran kelas ekonomi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (2/7). PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka loket pembelian tiket 24 jam di empat stasiun, yaitu Stasiun Pasar Senen, Stasiun

REPUBLIKA.CO.ID, SENEN -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero menyediakan kereta api (KA) tambahan dari Stasiun Kereta Api Pasar Senen untuk memenuhi kebutuhan pemudik angkutan lebaran 2012.

Kepala Daerah Operasi (Kadaops) I PT KAI, Purnomo Radik, mengatakan KA tambahan tersebut ialah Matarmaja AC tujuan Malang dan Tawang Jaya AC tujuan Semarang. ''Tiketnya sudah bisa dibeli hari ini,'' tutur Radik kepada Republika, Senin (13/8), di Stasiun Pasar Senen.

KA tambahan tersebut, kata dia, ialah untuk keberangkatan Selasa 14 Agustus dan merupakan KA komersial. '

'Bukan KA reguler.' Selain dua KA tambahan tersebut, KA tambahan lainnya yaitu Gaya Baru Malam AC sebanyak dua rangkaian.

Sementara kepala Humas PT KAI Daops I Mateta mengatakan, akan ada 11 KA tambahan yang mulai diberangkatkan besok (14/8). ''11 dengan ditambah 3 KA AC-Ekonomi.''

Sedangkan untuk jumlah penumpang keseluruhan yang sudah berangkat menggunakan KA berjumlah 58.000 orang. ''Itu dari H-10 sampai H-7 kemarin,'' imbuh Mateta.

Mengenai keamanan dan sistem tiket di Stasiun Pasar Senen sendiri, Kepala Polsuska stasiun Abdul Muis memastikan akan mengambil tindakan tegas. Abdul mengatakan, hanya penumpang yang memiliki tiket dan dipastikan berangkat di hari tersebut yang boleh berada di zona I, yaitu ruang tunggu dekat peron keberangkatan.

Ia menambahkan, tidak akan ada puncak lonjakan pemudik di Lebaran tahun ini, sebab sudah mulai diberlakukannya sistem tiket sesuai dengan identitas pemudik (Boarding Pass).

''Untuk pengamanan di atas kereta ada petugas keamanan gabungan dari Polri. Polsusuka dan sekuriti,'' katanya.

Terpopuler