Angkutan Lebaran Bekasi Resmi Dimulai

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Dewi Mardiani

Ahad 12 Aug 2012 16:23 WIB

Terminal Bekasi Foto: antara Terminal Bekasi

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI TIMUR -- Banyaknya penumpang yang mudik menggunakan bus di terminal induk Bekasi telah ditanggapi. Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) terminal induk Bekasi resmi memulai angkutan lebaran hari ini (12/8) sampai Senin (27/8) mendatang.

Kepala UPTD terminal induk Bekasi, Zeno Bachtiar mengatakan angkutan lebaran resmi dimulai hari ini, dan diakhiri Senin (27/8) mendatang. Tetapi ada fenomena unik bagi pihaknya yaitu arus mudik sudah mulai meningkat kemarin (11/8).

"Karena dari data kami, selama lima tahun terakhir, peningkatan mudik mulai sejak enam hari sebelum idul fitri, puncak mudik pada empat dan tiga hari sebelum idul fitri," ujar dia, Ahad (12/8).

Zeno mengatakan pada hari Sabtu (11/8), penumpang yang mudik sudah mengalami peningkatan meski tidak banyak. "Peningkatan tertinggi adalah bus jurusan Tasikmalaya, Purwokerto, dan Palembang," ucap dia.

Menurut catatan UPTD terminal induk Bekasi, jumlah bus yang berangkat ke Tasikmalaya sehari-hari sebanyak 17 kendaraan, kemudian kemarin ada peningkatan sampai 25 kendaraan atau naik 47 persen. Kemudian bus jurusan Purwokerto dari 20 kendaraan meningkat menjadi 25, dan kendaraan menuju Palembang menjadi lima bis, padahal biasanya satu bis atau ada kenaikan 500 persen.

Semntara itu kepala Polsub Terminal Bekasi, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Dedy Iskandar mengatakan bahwa pihaknya sebenarnya rutin mengadakan patroli. "Menjelang lebaran, kami tingkatkan frekuensi patroli terminal, satu jam sekali," ucap Dedy Dikatakannya patroli intensif diadakan dari Sabtu (11/8) sampai arus balik pada Ahad (26/8).