Pantau Mudik, Polisi Siapkan Sepeda Gunung

Rep: Andi Ikhball/ Red: Djibril Muhammad

Ahad 12 Aug 2012 11:16 WIB

Salah satu sepeda gunung Foto: cycling.motionforum.net Salah satu sepeda gunung

REPUBLIKA.CO.ID, CIKAMPEK - Polres Purwakarta telah mempersiapkan kematangan operasinya di pos Cikopo, depan pintu Tol Cikampek, Jawa Barat. Untuk mengantisipasi macet pada titik-titik rawan, pihak kepolisian memfasilitasi diri dengan sepeda sebagai alat transportasi patroli.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Purwakarta, Agus Wahyudin mengatakan, dengan menggunakan sepeda, justru mempermudah kinerja personel yang bertugas. Pasalnya, sepeda cenderung dapat diandalkan dalam situasi macet.

"Kalau pakai sepeda, kita bisa lebih mobile dari satu tempat ke tempat lain," katanya pada Republika, Ahad (12/8).

Penggunaan sepeda ini sebetulnya, menurut Agus merupakan program kepolisian dalam mengamankan lalu lintas saat car free day, di Situbulet, Purwakarta dan strong poin pagi-sore saat pelajar serta karyawan ramai memadati jalan. Karena itu, dengan adanya sepeda, Agus menyatakan akan dapat membantu operasi mudik.

Agus mengungkapkan, ada 30 unit sepeda yang diturunkan beserta kelengkapannya seperti helm dan kacamata. Menurut pantauan Republika, sepeda kepolisian tersebut, tergolong jenis mountain bike yang dapat dipakai di medan berbatu dan kasar, selain itu sistem rantainya juga dilengkapi rotasi gear 7 putaran, hingga memungkinkan personel kepolisian untuk mudah menaiki tanjakan.

Terpopuler