Tol Cikampek Sepi Pemudik

Rep: Andi Ikhbal/ Red: Djibril Muhammad

Ahad 12 Aug 2012 10:37 WIB

Tol Cikampek Tol Cikampek

REPUBLIKA.CO.ID, CIKAMPEK - Tol Jakarta-Cikampek, sampai saat ini masih terlihat lengang, Minggu (12/8). Belum banyak kendaraan pribadi dan transportasi umum yang melintas menuju kawasan Pantura, Jawa Barat.

Menurut Pantauan Republika, sepanjang jalan tol tersebut masih tergolong sepi pemudik, masih belum terlihat adanya kendaraan pribadi yang melintas dengan membawa barang bawaan pada rack roof-nya. Bus-bus antar kota-provinsi juga jarang ditemui sampai pagi ini, pukul 09.00 WIB.

Beberapa masyarakat kebanyakan, masih memlih untuk melakukan perjalanan usai perayaan 17 Agustus. Pasalnya, mereka tidak mau kehilangan momen tersebut di daerah tempat tinggalnya saat ini. "Selain itu, libur karyawan umumnya baru terhitung pada tanggal 16 besok," kata Nurhayati, warga Bekasi yang berencana pulang ke Salatiga, Jawa Tengah.

Meskipun arus kendaraan masih tergolong sepi, namun beberapa Pos Pengamanan (pospam) di sepanjang jalur mudik terpantau sudah dipersiapkan. Sesuai dengan jadwal yang ditentukan, Operasi Ketupat Jaya 2012 telah efektif berjalan.

Salah seorang pengendara motor yang ditemui Republika Sabtu (11/8) malam mengaku mengambil langkah awal untuk mudik guna menghindari macet. "Kami menuju Jawa Timur," ucap pengendara tersebut.

Persiapanya terlihat cukup matang, dengan membawa tas ransel besar yang diletakan di depan jok motor dan sebuah ban baru yang dia persiapkan, pengendara tersebut seolah yakin menempuh jarak jauh itu. Memang seharusnya pemudik yang memilih moda roda dua tersebut mempersiapkan performa kendaraannya.

Selain itu, Republika menyarankan, pengendara motor wajib mempersiapkan kelengkapannya seperti helm, kaca spion, box motor untuk menaruh barang bawaan (bila diperlukan) dan melakukan pengecekan pada mesin. Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi penyusutan kendaraan ataupun hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Terpopuler