Selama Lebaran, Puluhan Apotek dan Dokter Siap Siaga

Red: Djibril Muhammad

Kamis 09 Aug 2012 13:22 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, - Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Tutur Setyo WibowoPuluhan apotek dan dokter di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, disiagakan selama Ramadhan dan Lebaran.

"Berdasarkan hasil pendataan, untuk dokter jaga yang akan bertugas sejak 12 Agustus hingga 26 Agustus 2012 terdapat 35 dokter," ujarnya di Kudus, Kamis (9/8).

Masing-masing dokter, kata dia bertugas sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat. Dengan demikian, lanjut dia, ketika Lebaran masyarakat yang membutuhkan dokter tidak akan kesulitan karena ada dokter jaga yang bertugas melayani.

Dokter tersebut, katanya, merupakan fasilitas tambahan yang disediakan oleh masing-masing apotek, sehingga masyarakat tidak perlu kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan maupun dalam mendapatkan obat-obatan.

Kabid Kesehatan Dasar dan Rujukan Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Endang S menambahkan, jumlah apotek yang siaga selama Lebaran nantinya mencapai 24 apotek yang tersebar di beberapa daerah di kabupaten Kudus.

Selain itu, lanjut dia, Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah Kudus juga tetap buka, meskipun sebagian besar menikmati libur Lebaran. "Untuk petugas jaga di masing-masing Puskesmas maupun rumah sakit diatur sendiri, terutama ketika libur Lebaran," ujarnya.

Hal terpenting, kata dia, ketika libur Lebaran masyarakat masih tetap mendapatkan pelayanan kesehatan seperti hari biasa. Untuk Puskesmas yang buka selama 24 jam, katanya, yang memiliki fasilitas rawat inap yang berjumlah tujuh Puskesmas.

Ketujuh Puskesmas tersebut, yakni Puskesmas Jekulo, Undaan, Mejobo, Gribig, Jepang, Dawe, dan Rejosari. Beberapa dokter dan perawat juga dilibatkan dalam pengamanan di tiga pos pengamanan Lebaran bersama beberapa instansi terkait lainnya.

Adapun jumlah tenaga medis yang akan dilibatkan, untuk setiap posnya berjumlah tiga orang, meliputi dokter, perawat dan sopir mobil ambulans. "Mereka akan bertugas secara bergiliran di tiga pospam, yakni Pospam Jati, Terban, dan Kerawang dengan tiga sif jaga, yakni pagi, siang, dan malam," ujarnya.

Terpopuler