Siapkan Angkutan Lebaran, KAI Tambah 32 Kereta

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Selasa 07 Aug 2012 14:55 WIB

Beberapa calon penumpang kereta api mengantre di depan loket penjualan tiket di Stasiun Gambir, Kamis (8/3). (Republika/Wihdan Hidayat) Beberapa calon penumpang kereta api mengantre di depan loket penjualan tiket di Stasiun Gambir, Kamis (8/3). (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- PT Kereta Api Indonsia (PT KAI) menyiapkan sebanyak 32 rangkaian kereta api (KA) tambahan untuk memperkuat armada angkutan Lebaran tahun 2012. Direktur Operasional PT KAI, Herlianto, mengatakan, penambahan 32 rangkaian kereta tersebut berlaku di daerah Jawa.

Sebanyak 32 rangkaian kereta tambahan ini akan melengkapi 178 KA reguler yang telah beroperasi selama ini. "Dari 32 rangkaian kereta api tersebut, sebanyak 18 KA merupakan kereta tambahan komersial atau eksekutif-bisnis, sedangkan 14 KA lainnya merupakan kereta tambahan ekonomi," ujar Herlianto saat melakukan sidak kesiapan angkutan lebaran di Daop VII Madiun, Selasa (7/8).

Dengan demikian, jumlah KA yang dioperasikan pada Lebaran tahun 2012 secara total mencapai 210 rangkaian KA. Yang terdiri dari 178 KA reguler dan 32 KA tambahan.

Adapun untuk proses dan jadwal pemberangkatan KA tambahan tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan di jalur yang ada pada masing-masing daerah operasional yang mendapat jatah kereta tambahan bersangkutan.

Menurut dia, penambahan kereta tersebut dilakukan karena adanya permintaan angkutan yang tinggi pada tradisi mudik dan balik pada lebaran.

"Secara umum PT KAI siap melayani kegiatan mudik dan balik Lebaran tahun 2012. Kami menilai kendala yang dihadapi akan lebih ringan dari tahun sebelumnya, karena tidak akan ada lagi kereta yang dipenuhi penumpang hingga berdiri dan berdesakan," ujarnya.

Terpopuler