PT Pelabuhan Indonesia II Tanjung Priok Gratiskan 5000 Pemudik

Rep: Dessy Suciati Saputri / Red: Hazliansyah

Selasa 07 Aug 2012 13:03 WIB

Pemudik via laut Pemudik via laut

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia II Tanjung Priok menyediakan mudik gratis bagi sekitar lima ribu pemudik. Bekerjasama dengan TNI AL, mudik gratis yang diberangkatkan dari pelabuhan Tanjung Priok ini akan mengantar pemudik ke sejumlah daerah tujuan. 

Kepala Humas PT Pelabuhan Indonesia II Tanjung Priok, Sofyan Gumelar, mengatakan angkutan mudik gratis ini dipersiapkan guna meminimalisir lonjakan arus mudik pada lebaran nanti.

"Kami bekerja sama dengan Kementrian Perhubungan dan TNI AL, menyelenggarakan mudik gratis bagi penumpang angkutan laut dengan menggunakan 100 bus untuk 5.000 pemudik. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang," kata Sofyan kepada Republika, Selasa (7/8). .

Mudik gratis melalui laut ini akan dilakasanakan pada 16 Agustus mendatang dan melayani perjalanan ke berbagai daerah di Pulau Jawa dan Sumatera.  Selain mengangkut pemudik dengan bus, TNI AL juga mempersiapkan KRI Banda Aceh untuk menampung 1.200 pemudik tujuan Semarang yang menggunakan sepeda motor.

"Angkutan mudik gratis ini melayani tujuan ke Cirebon, Surabaya, Madiun, Semarang, Solo, Yogyakarta, Malang, Lampung, Palembang, Padang, dan juga Bengkulu. Mudik gratis menggunakan kapal penumpang juga disediakan bagi warga yang menggunakan sepeda motor," ujar Sofyan.

"Prioritas kami adalah bagi warga Jakarta dan sekitar Pelabuhan Tanjung Priok yang tidak mampu," imbuh Sofyan.

Untuk pengamanan, Sofyan mengatakan pihaknya mempersiapkan 120 personel dari Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai dan petugas keamanan.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan fasilitas pendukung keamanan seperti kamera CCTV yang dipasang di berbagai titik di pelabuhan, mobil patroli, metal detector, dan mobil pemadam kebakaran.

Terpopuler