Arus Balik Lebaran di Palu Masih Sepi

Red: Didi Purwadi

Kamis 01 Sep 2011 10:29 WIB

Sebelum memberangkatkan para pemudik, para sopir bus terlebih dahulu diperiksa kesehatannya. Foto: Republika/Aditya Pradana Putra Sebelum memberangkatkan para pemudik, para sopir bus terlebih dahulu diperiksa kesehatannya.

REPUBLIKA.CO.ID,PALU - Arus balik Lebaran 2011 di Terminal Bus Mamboro dan Tipo di Palu, Sulawesi Tengah, pada H+1 masih tampak sepi. Pantuan Antara di dua terminal di Kota Palu itu, Kamis, hanya ada beberapa kendaraan sepeda motor milik petugas posko pengamanan Lebaran yang terparkir di terminal.

Sementara, para petugas terlihat ngobrol di posko. Begitu pula tidak ada satu pun pedagang di terminal yang melakukan aktivitas.

Lius, seorang petugas posko pengamanan Lebaran di Terminal Mamboro, mengatakan arus balik diperkirakan mulai mengalir pada H+3 dan H+4 Lebaran. Armada angkutan penumpang yang tiba di terminal pada Kamis pagi ini baru dua, yaitu satu bus angkutan kota antarprovinsi dari Gorontalo dan Makassar.

"Rata-rata bus yang tiba tidak sarat penumpang," katanya.

Warga yang mudik Lebaran dari berbagai kota di luar wilayah Sulteng masih memanfaatkan beberapa hari ini untuk merayakan Lebaran bersama keluarga dan sahabat di kampung halamannya. Para penumpang yang tiba hari ini kebanyakan mereka yang bekerja di perusahaan swasta di ibu kota provinsi. Sementara para pelajar, mahasiswa, dan PNS diperkirakan baru akan kembali ke Palu pada H+3 dan H+4 Lebaran karena pada 5 September 2011 sudah mulai masuk kerja.

Terpopuler