Anjing Pelacak Ikut Amankan Stasiun

Rep: c04/ Red: Agung Vazza

Ahad 28 Aug 2011 14:36 WIB

Petugas POM TNI membawa anjing pelacak di sebuah stasiun. Ilustrasi. Foto: Republika/Aditya Pradana Putra Petugas POM TNI membawa anjing pelacak di sebuah stasiun. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Tak hanya personel TNI dan Brimob yang ternyata diturunkan untuk menambah tim pengamanan stasiun pasca pembajakan KA Gajayana, Sabtu (27/8) kemarin. Di Stasiun Senen, sejumlah anjing pelacak pun turut diterjunkan.

Dari pantauan Republika, Ahad (28/8), anjing yang terdiri dari anjing pelacak kriminal dan anjing pelacak bahan peledak ini bersiaga di sekitar peron stasiun. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal tak diinginkan, seperti peristiwa pembajakan kemarin. "Semenjak sebelum lebaran memang biasanya sudah diturunkan untuk pengamanan mudik. Tapi biasanya cuma di terminal dan pelabuhan," ujar salah seorang petugas polisi satwa dari Mabes Polri, Harianto, di Stasiun Senen.

Untuk pengamanan menurunkan anjing pelacak, kata Harianto, biasanya hanya dilakukan di Stasiun Jatinegara. "Di Stasiun Senen ini kita lakukan untuk antisipasi sekaligus shock therapy saja," tambahnya.

Terpopuler