Besok, Arus Mudik Diperkirakan Padat

Rep: C29/ Red: Djibril Muhammad

Jumat 26 Aug 2011 15:56 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta - Ketua Harian Tim Monitoring Angkutan Lebaran 2011, Elly Sinaga, memperkirakan kepadatan arus mudik akan semakin meningkat Sabtu besok (H-3). "Prediksinya besok akan lebih padat lagi, karena sudah pada libur semua," kata Elly saat ditemui di Kemenhub Jumat (26/8).

Elly menerangkan, hingga Jumat, kepadatan lalu lintas masih belum terlalu merata. CCTV di ruang Tim Monitoring Angkutan Lebaran 2011 Kementerian Perhubungan memperlihatkan, kepadatan kendaraan saat ini baru terjadi di dua tempat, yaitu ruas tol Cikampek dan Pelabuhan Merak.

Beberapa titik lainnya yang juga dipantau CCTV justru terlihat masih sepi. "Seharusnya para pemudik sudah menyicil berangkat dari H-7, jadi nggak menumpuk pas mau Lebaran." kata Elly.

"Anak-anak dan mahasiswa sudah pada libur. Tapi ya mau gimana lagi, mereka biasanya berangkat kalau orang tuanya juga sudah libur," ujar wanita 54 tahun itu memaklumi.

Berdasarkan data statistik Tim Monitoring Angkutan Lebaran 2010, puncak kepadatan arus mudik akan mencapai puncaknya pada H-2. Elly memperkirakan, kondisi serupa juga akan berlaku untuk mudik kali ini.

Seperti deketahui, Kementerian Perhubungan telah menyiapkan CCTV yang dipasang di beberapa titik. Tujuannya adalah untuk memudahkan pemantauan arus mudik dan balik.

Terpopuler