Ada Posko Kesehatan di Stasiun Gambir

Rep: C16/ Red: taufik rachman

Kamis 25 Aug 2011 19:29 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,Jakarta - Stasiun Gambir menyediakan posko kesehatan bagi penumpang ataupun petugas yang mengalami keluhan kesehatan.

Penumpukan penumpang yang sering terjadi di beberapa tempat yang menjadi pusat angkutan lebaran membuat terminal atau stasiun berjaga-jaga untuk memberikan kenyamanan bagi penumpangnya. Selain pos keamanan beberapa stasiun ataupun terminal juga menyediakan posko kesehatan.

Seperti posko kesehatan yang ada di Stasiun Gambir. Posko kesehatan yang terletak tidak jauh dari pintu selatan Stasiun Gambir itu memang terlihat masih sepi dari pasien.

Dokter dari PT. KAI Jauhari mengatakan posko kesehatan sudah ada sejak 23 Agustus hingga 7 September. Ia menjelaskan di posko tersebut ada 3 dokter dan 12 orang yang merupakan tim paramedis dan perawat yang berasal dari Puskesmas Gambir, PT. KAI, dan Polda Metro.

Menurutnya tidak ada pungutan biaya apapun bagi penumpang yang akan memeriksakan kesehatannya. "Selain obat-obatan posko kesehatan Stasiun Gambir juga telah menyediakan tabung oksigen, P3K dan 2 mobil ambulance", ujarnya, Kamis (25/8).

Pada hari ini tercata sudah 10 pasien yang terdaftar telah berobat di posko kesehatan tersebut. Delapan diantaranya merupakan petugas stasiun sendiri.

Jauhari mengatakan umumnya penumpang yang datang ke Stasiun Gambir merupakan masyarakat yang berasal dari menengah ke atas sehingga mereka sudah membawa obat-obatan sendiri. Ia menuturkan pasien yang telah dirawat oleh posko kesehatan Stasiun Gambir biasanya hanya mengeluhkan flu atau pusing.

''Belum ada keluhan penyakit serius seperti jantung, kecelakaan dan sebagainya,'' kata Jauhari.

Terpopuler