Lebaran Kian Dekat, Jalur Mudik Menuju Merak Masih Gelap

Red: cr01

Kamis 25 Aug 2011 10:21 WIB

Jalur utama macet, jalur alternatif gelap, itulah yang harus ditembus pemudik ke Pelabuhan Merak, Banten. Foto: Antara/Asep Fathulrahman Jalur utama macet, jalur alternatif gelap, itulah yang harus ditembus pemudik ke Pelabuhan Merak, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK – Jalur mudik di Kota Cilegon menuju Terminal dan Pelabuhan Merak, Masih gelap, sejumlah titik rawan kecelakaan masih juga belum dipasang Penerangan Jalan Umum (PJU) sampai sekarang.

"Sudah H-5 tapi sejumlah titik menuju Pelabuhan dan Terminal Terpadu Merak (TTM) masih saja dibiarkan gelap," kata salah seorang tokoh pemuda di Pulomerak, Helmy, Kamis (25/8).

Berdasarkan hasil pantauannya, dua titik rawan kecelakaan dari Tegal Wangi sampai Pulomerak hingga kini belum dilengkapi dengan PJU. "Satu titik di Tegal Wangi dan satu titik lagi di tikungan Sangkanila Merak, sepanjang Vopak sampai Hotel Mangku Putra," tambah Helmy.

Padahal, kata dia, saat ini pemudik roda dua yang melintas jalan tersebut pada malam hari sudah mulai ramai. "Tadi saja saya melihat gerombolan pemudik roda dua sudah mulai berdatangan. Dan terus terang saja, melihat kondisi gelapnya jalan di Merak dan Tegal Wangi, khawatir akan terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan bersama," ujarnya.

Sebelumnya, Kapolres Cilegon, AKBP Umar Suraya Fana, mengatakan pihaknya sudah meminta kepada pihak PT Vopak Teminal Merak dan Hotel Mangku Putra, agar memasang lampu dadakan agar jalan menjadi terang. "Kami sudah bicarakan kepada dua pihak tersebut, agar tempat itu untuk dipasang lampu dadakan pada H-7, karena jalan tersebut kalau malam gelap," katanya.

Namun sampai sekarang jalan itu belum juga dipasangi lampu dadakan.

Terpopuler