Mau Mudik ke Yogya? Hindari Tujuh Titik Pasar Tumpah

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Siwi Tri Puji B

Selasa 23 Aug 2011 15:36 WIB

Salah satu sudut Kota Yogyakarta (ilustrasi). Foto: pdk.or.id Salah satu sudut Kota Yogyakarta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Pemudik yang akan melewati DIY diminta untuk mewaspadai tujuh titik pasar tumpah. Ketujuh titik itu adalah Pasar Turi, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman; Pasar Godean Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman; Pasar Ngaglik Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman, Pasar Maguwoharjo, Kecamatan Depok Timur, Kabupaten Sleman, Pasar Gamping, Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman, Pasar Sentolo, Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo; dan Pasar Brosot Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo.

''Pasar tumpah ini cukup mengganggu. Untuk mengantisipasinya kami sudah menggkoordinasikan dengan Dinas Pasar dan Satpol PP setempat,''kata Kepala Bagian Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral Provinsi DIY Salamun pada jumpa pers rencana pengamanan menghadapi Idul Fitri dan Pasca Idul Fitri 2011, di Gedung Pracimosono Kepatihan Yogyakarta, Selasa (23/8).

Sementara itu untuk seluruh sarana dan prasarana infrastruktur jalan di DIY sudah siap menerima pemudik. Kondisi Jembatan Opak yang rusak akibat erupsi Merapi sudah dipasang alat bantu, namun dengan kapasitas terbatas. ''Sehingga jembatan tersebut hanya boleh dilewati kendaraan dengan kapasitas terbatas, sedangkan kendaraan dengan kapasitas besar dipindahkan jalurnya,''tutur dia.