Pemudik Motor Diperkirakan Naik 15 Persen

Rep: c08/ Red: Siwi Tri Puji B

Senin 15 Aug 2011 15:40 WIB

Pemudik motor di Merak Pemudik motor di Merak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik diperkirakan meningkat pada tahun ini. Bahkan, untuk pemudik kendaraan roda dua diperkirakan meningkat 15 persen.

"Ya betul, karena jumlah kendaraan pribadi juga meningkat," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Royke Lumowa, Senin (15/8). Berdasarkan data kepolisian tahun lalu, jumlah sepeda motor yang digunakan untuk mudik sekitar 3,6 juta unit. Untuk tahun ini, jumlahnya diperkirakan meningkat hingga mencapai 4,1 juta unit.

Adanya peningkatan jumlah kendaraan tentunya berimbas pada jumlah pemudik yang menggunakan motor. Tahun lalu, sekitar 7,2 juta orang mudik dengan menggunakan motor. Tahun ini, diperkirakan jumlahnya meningkat sekitar 15 persen. Jadi, jumlah pemudik yang menggunakan motor diperkirakan mencapai 8,32 juta orang.

Sebelumnya, Royke menghimbau, masyarakat untuk tidak mudik dengan menggunakan motor. Apalagi, kata dia, motor digunakan tidak sesuai kapasitasnya. Seperti, motor yang dipergunakan oleh lebih dari dua orang dan digunakan untuk membawa barang berlebihan. "Ini akan ditindak dan dipulangkan," kata perwira menengah kepolisian ini.

Terpopuler