Antisipasi Arus Mudik, Bandara Soekarno-Hatta Bakal Tambah 26 Penerbangan

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Senin 15 Aug 2011 16:35 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG - Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan menambah 26 penerbangan per hari selama arus mudik Lebaran 2011 dalam upaya mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang melalui jalur udara.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Banten Husni Hasan di Serang, Senin (15/8), mengatakan, Pemerintah Provinsi Banten telah melakukan berbagai kesiapan moda transportasi baik darat, laut maupun udara melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang Lebaran 2011.

"Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan menambah 26 penerbangan dari rata-rata 400 jadwal penerbangan setiap hari," kata Husni Hasan.

Ia mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dan mendapat laporan dari PT Angkasa Pura II terkait rencana penambahan jadwal penerbangan tersebut.

Menurut dia, kesiapan lain sarana dan prasarana angkutan udara di Bandara Soekarno-Hatta dalam menghadapi arus mudik di antaranya adalah ada tiga terminal di Bandara tersebut, 13 maskapai penerbangan domestik, 30 maskapai penerbangan asing dengan 390 pesawat.

Selain itu disiapkan 244 kendaraan angkutan khusus Bandara berupa kendaraan bus, 13 perusahaan taksi khusus Bandara serta 12 perusahaan penyewaan mobil.

"Perkiraan jumlah penumpang per hari di Bandara saat arus mudik sekitar 137.034 orang. Sementara kursi yang tesedia per hari sekitar 132.960 orang, sehingga perlu penambahan penerbangan" kata Husni.

Dengan demikian, jika ada tambahan penerbangan per hari sebanyak 26 penerbangan dari biasanya 400 penerbangan per hari, penambahan penerbangan tersebut akan mampu menambah sekitar 4.074 penumpang per hari.

Terpopuler