Cara Menjaga Pengeluaran Selama Ramadhan

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 19 Apr 2022 10:00 WIB

Supermarket di Uni Emirat Arab (UEA). Cara Menjaga Pengeluaran Selama Ramadhan Foto:

1

Mariam Mahmoud, seorang insinyur berusia 33 tahun di Kairo, berbagi persiapan Ramadhan keluarganya. “Kami mendekorasi rumah dan merencanakan berbagai ritual keagamaan setiap hari sehingga kami sepenuhnya siap untuk bulan suci. Kami membeli banyak kurma, buah kering, bahan sup, dan bahan salad. Harga sudah naik untuk barang-barang ini, tetapi saya hanya membeli apa yang kita konsumsi, jadi saya tidak berpikir saya akan mengubah kebiasaan belanja,” katanya, dilansir Ahram Online.

Ahmed Sharaf, seorang insinyur berusia 38 tahun mengatakan istrinya memutuskan untuk belanja Ramadhan. "Kami memiliki anggaran domestik yang lebih tinggi untuk bulan itu, dengan sebagian besar pengeluaran makanan kami untuk sayuran dan buah-buahan. Harga Ramadhan ini kemungkinan akan tinggi, dan kami mungkin harus mengurangi pengeluaran kami sebesar 15 persen dan mengubah konsumsi,” katanya.

Dina Mohsen, seorang ibu rumah tangga berusia 32 tahun, dan Eman Magdi, seorang pemilik bisnis berusia 32 tahun, mengatakan anggaran makanan keluarga mereka sama dengan bulan-bulan lainnya. Ramadhan adalah pengalaman spiritual, kata mereka, bukan masalah membeli lebih banyak makanan.

Bagi banyak orang, mungkin sulit untuk menjaga keuangan saat pergi ke acara buka puasa bersama keluarga dan teman, berbelanja untuk Idul Fitri, dan berdonasi untuk amal. Menghabiskan terlalu banyak uang dapat menggagalkan tujuan keuangan jangka pendek. Akibatnya, banyak orang juga melihat bulan suci sebagai kesempatan untuk menilai situasi keuangan mereka dan membangun kebiasaan keuangan yang sehat untuk masa depan.

Jika ingin membeli sesuatu yang baru untuk Ramadhan, pertimbangkan untuk menggunakan kembali sesuatu yang sudah Anda miliki. Pertimbangkan mengenakan pakaian lama daripada membeli yang baru dan menggunakan kembali dekorasi dari perayaan tahun-tahun sebelumnya. Buka puasa bersama keluarga dan teman di rumah akan lebih mudah untuk mengatur keuangan Anda karena adanya peraturan Covid-19.

Saat berbuka puasa, jangan berlebihan. Dengan perut kosong, Anda dapat dengan mudah salah menilai nafsu makan dan menghabiskan lebih banyak makanan daripada yang seharusnya. Banyak orang mungkin makan berlebihan saat berbuka dan bisa merusak kesehatannya.

https://english.ahram.org.eg/News/463724.aspx

Terpopuler