Cara Cegah Kolesterol Tinggi Buat yang Suka Makan Gorengan Saat Berbuka Puasa

Red: Reiny Dwinanda

Ahad 17 Apr 2022 00:26 WIB

Pedagang menggoreng tahu untuk dijual di Pasar Baru, Jakarta Pusat, Jumat (8/4/2022). Mengonsumsi sayur bisa membantu tubuh tidak menyerap kolesterol terlalu banyak ketika menyantap makanan yang digoreng, seperti tahu goreng atau bakwan, saat berbuka puasa. Foto:

1

Olahraga juga bisa membantu mengurangi risiko terkena kolesterol tinggi. Olahraga tidak harus lari, jika memang tidak sanggup.

"Jangan paksain lari. Jalan kaki, jalan cepat cukup. Bukan jalan santai, cukup 30 menit per hari," tutur Vito.

Selain itu, sebisa mungkin menghindari makanan yang digoreng. Pilih makanan yang dimasak dengan cara lain, seperti dipepes dan panggang.

Pemeriksaan kolesterol, termasuk di awal usia 20-an tahun, juga dianjurkan. Vito pun mengingatkan agar menjaga agar bisa tidur berkualitas selama enam hingga tujuh jam sehari untuk membantu mencegah terkena kolesterol tinggi sekaligus menyeimbangkan hormon.

Vito menyerukan masyarakat agar menjaga kesehatan dengan membiasakan pola hidup yang sehat. Ia merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang enak, tetapi tetap bergizi.

"Sekarang puasa, tahu bagaimana jaga kesehatan, pilih buah, sayur, minum teh asli jangan dicampur-campur. Manfaatkan makanan-makanan enak tetapi tetap bergizi. Berbukalah dengan yang sehat," ungkap Vito.