Resep Kreasi Kurma Dimasak Manis atau Gurih untuk Menu Berbuka

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

 Kamis 14 Apr 2022 16:37 WIB

Kurma sangat identik sebagai makanan berbuka puasa di bulan Ramadhan. Foto: Pixy.org Kurma sangat identik sebagai makanan berbuka puasa di bulan Ramadhan.

Kurma sangat identik sebagai makanan berbuka puasa di bulan Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kurma merupakan buah yang umum dikonsumsi oleh ummat Muslim selama bulan suci Ramadhan. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, kurma ternyata bisa disulap menjadi hidangan gurih dan manis yang menggugah selera.

Berkaitan dengan ini, AzCentral membagikan dua resep hidangan berbahan kurma yang memiliki cita rasa gurih dan manis. Salah satu resepnya adalah stew daging domba dan kurma, sedangkan resep lainnya adalah telur kurma Persia.

Baca Juga

 

Resep Stew Daging dan Kurma

Sajian ini memiliki cita rasa yang gurih sekaligus manis. Resep stew daging dan kurma itu sendiri berasal dari Oman. Resep ini sebenarnya menggunakan daging domba. Bila tak ingin menggunakan daging domba, daging sapi atau kambing bisa menjadi alternatif. Berikut ini adalah bahan-bahan dan cara memasak stew daging dan kurma untuk 4-6 porsi.

 

Bahan:

1 sendok teh bubuk paprika merah

1 sendok teh bubuk kunyit

1 sendok teh bubuk jahe

1 sendok teh bubuk kayu manis

1 sendok teh garam kosher

0,5 kg daging domba, sapi, atau kambing tanpa tulang

2 sendok makan minyak zaitun atau minyak sayur

2 bawang bombay merah sedang, potong dadu

3 siung bawang putih, cincang

4 cangkir kaldu sapi

2 sendok makan tepung maizena

24 kurma sedang, sekitar 1 cangkir dicincang kasar

4-6 cangkir nasi basmati matang

Almond iris panggang

 

Cara Memasak:

1. Campurkan bubuk paprika merah, bubuk kunyit, bubuk jahe, bubuk kayu manis, dan garam ke dalam mangkuk besar. Masukkan potongan daging ke dalam mangkuk tersebut dan lapisi permukaan daging dengan campuran bubuk rempah tersebut.

2. Panaskan minyak di dalam panci jenis Dutch Oven atau panci besar dan berbobot berat. Selanjutnya, masukkan daging ke dalam panci dan masak hingga kecoklatan, sekitar lima menit. Campurkan bawang merah dan bawang putih cincang hingga lunak selama lima menit. Setelah itu, tambahkan kaldu dan aduk hingga ke bagian bawah panci agar semua tercampur rata.

3. Naikkan suhu menjadi tinggi dan biarkan sampai kaldu mendidih. Setelah kaldu mendidih, kecilkan api dan tutup panci. Rebus daging selama satu setengah jam atau sampai daging menjadi empuk.

4. Dalam sebuah mangkuk kecil, masukkan tepung maizena dan tan dua sendok makan air putih. Aduk hingga tepung berubah teksturnya menjadi seperti bubur. Setelah itu, masukkan "bubur" tepung maizena ini bersama dengan potongan kurma ke dalam panci berisi daging yang sedang di rebus, aduk merata. Lanjutkan proses merebus hingga cairan rebusan mulai mengental, biasanya sekitar 20-30 menit.

5. Cicipi rasa stew daging yang dibuat. Tambahkan bumbu yang diinginkan untuk menyesuaikan selera.

6. Sajikan stew daging dan kurma di atas nasi basmati. Taburkan irisan almond panggang di atasnya. Stew daging dan kurma siap disajikan.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X