Buat Buka Puasa, Mercure Jakarta Cikini Hidangkan Makanan Khas Betawi yang Mulai Langka

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Rabu 13 Apr 2022 16:30 WIB

Enam makanan khas Betawi yang mulai langka kini hadir di Mercure Jakarta Cikini. Foto:

1

 

Bubur cacah

 

Untuk bubur manis, Anda bisa mencoba bubur cacah. Bubur ini tersebut dari beras ketan dan tepung tapioka yang dicampur, direbus didalam air gula aren.

Warna bubur harus hitam. Karena itu, bumbunya perlu menggunakan gula aren. Berbeda jika memakai gula jawa biasa, warnanya akan menjadi cokelat.

Alat untuk membuatnya mirip dengan pembuatan cendol. Bubur ini rasanya manis, jika ingin bertambah nikmat bisa ditambahkan santan gurih.

photo
Enam menu makanan khas Betawi yang mulai langka kini hadir di Hotel Mercure Cikini, Jakarta. - (Republika/Desy Susilawati)

 

Kue pepe

Kue ini biasanya hadir di bulan Ramadhan. Penjual kue pepe biasanya menjajakannya saat waktu ngabuburit.

Kue ini memakan waktu lama untuk dibuat lantaran berlapis-lapis. Makanan ini dikukus, khasnya berwarna pelangi, merah, kuning, hijau. Bahan dasarnya tepung terigu, tepung beras, tepung tapikoa, dan tepung ketan.

 

Kue ini berbeda dengan kue lapis biasa jajanan pasar. Kalau jajanan pasar lebih ke tapiokanya jadi lebih alot dan lebih tahan lama.

"Kalau tepung beras dan tepung ketan, tapikoanya sedikit, ketika dimakan kenyalnya tidak balik lagi, rasanya tidak manis banget, ada gurihnya."

Satu lagi kue khas Betawi yang mulai langka adalah sengkulun. Kue ini terdiri dari dua lapis, terbuat dari beras ketan.

 

Terpopuler