Kilau Pasar Malam Ramadhan di Kashmir

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko

Selasa 12 Apr 2022 06:57 WIB

Ramadhan di Khasmir (ilustrasi).Ramadhan di Kashmir, India, penuh kegembiraan dan semarak. Foto:

1

Hidangan tradisional dan Mughlai adalah hidangan wajib selama Ramadhan. Ada beberapa kuliner Ramadhan yang khas di Kashmir. Pertama adalah seviya, makanan penutup yang disiapkan hampir di setiap rumah warga Kashmir selama Ramadhan. Makanan penutup ini dibuat dengan merebus susu, dimasak dengan sirup gula atau dengan susu kental. Tidak hanya disukai oleh anak-anak, tetapi juga oleh semua kalangan.

Kedua ialah safron phirni. Hidangan manis ini disiapkan selama Ramadhan dan biasanya diambil setelah makan makanan berat setelah berbuka puasa. Phirni memang ada di semua wilayah India utara, tetapi phirni Kashmir memiliki ciri khas karena ditambahkan safron.

Bergeser ke minuman, Kashmir juga memiliki jenis minuman yang khas disajikan selama Ramadhan. Di antaranya ada noon chai, minuman tradisional yang terbuat dari biji-bijian teh bubuk mesiu, susu dan soda kue. Noon Chai biasanya menjadi pilihan pertama bagi warga Kashmir untuk berbuka puasa.

Ada satu tradisi yang paling berkesan di Kashmir, yaitu Sahar Khans. Ini merujuk pada orang yang membangunkan orang-orang untuk sahur dengan alat musik yang ditabuh. Setiap malam Ramadhan, ketika masih banyak yang tertidur lelap, Sahar Khans berjalan di jalan-jalan kosong Kashmir, khususnya di kota Srinagar, untuk membangunkan umat Islam untuk makan sahur.

"Tradisi kuno ini tetap relevan meski sekarang ini ada gadget. Para penabuh genderang menyanyikan Waqt-e-sahar (saatnya makan sebelum fajar), membangunkan semua orang di lingkungan itu, berpindah dari satu jalan ke jalan selanjutnya, dengan menabuh genderang," tutur Shahdad.

Terpopuler