Keutamaan Tadarus Alquran pada Bulan Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Senin 11 Apr 2022 10:27 WIB

Umat muslim membaca Alquran (tadarus) di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Jumat (8/4/2022). Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Pusdai menggelar Sholat Jumat pertama di bulan Ramadhan 1443 H dengan menerapkan protokol kesehatan serta pembatasan kapasitas jemaah masjid maksimal 75 persen. Keutamaan Tadarus Alquran di Bulan Ramadhan Foto:

1

Keutamaan Tadarus Alquran di Bulan Ramadhan

1. Memperbaiki bacaan Alquran

Tadarus merujuk pada sebuah aktivitas pembacaan Alquran dengan tujuan memelihara dan memperbaiki hafalannya. Karena dengan tadarus Alquran dan membaca Alquran bersama-sama kita bisa lebih memperhatikan letak kesalahan kita, apabila kita ada kesalahan dalam membaca Alquran, maka orang lain yang sedang bertadarus Alquran juga bisa mengingatkan kita.

2. Menjaga hafalan Alquran

Tadarus adalah momen yang tepat untuk menjaga hafalan Alquran. Karena kegiatan ini bisa dilakukan karena ada orang lain yang akan menyimak dan mendengarkan bacaan hafalan kita.

3. Memberi syafaat di Hari Kiamat

Rasulullah SAW pernah bersabda;

‎عَنْ زَيْدٍ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا سَلَّامٍ يَقُولُ حَدَّثَنِي أَبُو أُمَامَةَ الْبَاهِلِيُّ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِه

Dari Zaid bahwa ia mendengar Abu Sallam berkata, telah menceritakan kepadaku Abu Umamah Al Bahili ia berkata; Saya mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Alquran, karena ia akan datang memberi syafaat kepada para pembacanya pada hari kiamat nanti. (HR. Muslim) [ No. 804 Syarh Shahih Muslim].

Dari hadist tersebut jelas bahwa kita di anjurkan untuk membaca Alquran. Karena kelak akan memberikan syafaat di hari kiamat bagi orang yang mau membaca.