Dua Tahun Terhenti, Kota Dearborn akan Gelar Festival Sahur Bersama

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 08 Apr 2022 22:49 WIB

Lampu-lampu hias bertema Ramadhan terpasang di sebuah rumah di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat. Komunitas Muslim di Dearborn pada tahun ini memulai tradisi baru yaitu mengadakan kompetisi lampu hias Ramadhan dengan harapan menyebarkan sukacita dan mengembalikan semangat selama pandemi coronavirus. Dua Tahun Terhenti, Kota Dearborn akan Gelar Festival Sahur Bersama Foto: AP/Carlos Osorio Lampu-lampu hias bertema Ramadhan terpasang di sebuah rumah di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat. Komunitas Muslim di Dearborn pada tahun ini memulai tradisi baru yaitu mengadakan kompetisi lampu hias Ramadhan dengan harapan menyebarkan sukacita dan mengembalikan semangat selama pandemi coronavirus. Dua Tahun Terhenti, Kota Dearborn akan Gelar Festival Sahur Bersama

REPUBLIKA.CO.ID, MICHIGAN-- Muslim dan non-Muslim di Kota Dearborn, Michigan, Amerika Serikat akan kembali berkumpul untuk sahur bersama pada Jumat dan Sabtu selama bulan suci Ramadhan. Acara ini kembali digelar setelah dua tahun absen karena pandemi Covid-19.

Festival ini akan dimulai pada Jumat (8/4/2022) dari pukul 23.00 sampai pukul 03.00 di tempat parkir Sears di Pusat Kota Fairlane. Ini berlangsung dari 8 hingga 30 April, menurut laporan Detroit Metro Times. Akan ada lebih dari 50 vendor di festival, dekorasi, hadiah, dan pembacaan Alquran.

Baca Juga

Dilansir dari About Islam, Kamis (7/4/2022), berbicara kepada WWJ awal bulan ini tentang festival tersebut, Wali Kota Dearborn Abdullah Hammoud mengatakan festival tersebut memiliki suasana yang hangat dan ramah untuk semua yang hadir, baik untuk Muslim atau bukan.

“Saya pikir ini juga merupakan kesempatan besar untuk membangun jembatan dengan komunitas lain dan bagi kita untuk belajar dari satu sama lain,” katanya.

Sebelum festival sahur ada, truk dan penjual makanan biasa bermunculan di sudut-sudut jalan dan di alun-alun, melayani mereka yang merayakan Ramadhan. Festival ini disponsori oleh Yayasan Amity, Pasar Buah Pepaya dan OSP/VHL. Ada biaya tambahan tunai Rp 14 ribu untuk setiap masuk dan semua hasilnya disumbangkan untuk amal.

Sahur adalah kegiatan makan yang dilakukan sebelum matahari terbit untuk membantu umat Islam yang berpuasa mempertahankan diri sampai makan yang datang setelah matahari terbenam, atau buka puasa. Nabi SAW mengatakan, “Makan sahur karena ada berkah di dalamnya.” (HR. Bukhari). 

Ramadhan adalah bulan paling suci dalam kalender Islam. Bulan itu dimulai pada hari Sabtu (2/4/2022) di sebagian besar negara di dunia, dengan hanya beberapa negara yang memulai bulan puasa pada Ahad (3/4/2022). Muslim mendedikasikan waktu mereka selama bulan suci untuk menjadi lebih dekat dengan Allah melalui sholat, pengendalian diri, dan perbuatan baik.